24 April 2024 - 14:56 14:56

10 Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

WartaPenaNews, Jakarta - Siapa yang tak ingin memiliki wajah bersih dan terawat? Terutama bagi Anda para wanita, kebersihan wajah menjadi hal yang sangat penting karena dapat memengaruhi penampilan secara signifikan. Namun, ada saja masalah yang menghinggapi wajah, seperti jerawat, flek, dan yang kali akan dibahas, yaitu bruntusan. Apa dan bagaimana cara menghilangkan bruntusan pada wajah?

Apa Itu Bruntusan?

Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah. Bruntusan tak hanya menurunkan estetika wajah, namun juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, yang lantas berpotensi mengalami iritasi akibat garukan.

Cara Menghilangkan Bruntusan

Munculnya bruntusan pada wajah lebih banyak disebabkan oleh faktor kebersihan. Oleh sebab itu, membersihkan wajah Anda secara benar dan teratur adalah cara menghilangkan bruntusan yang efektif.

Berikut ini sejumlah tips atau cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa Anda coba di rumah.

1. Deep Cleansing

Cara menghilangkan bruntusan yang pertama adalah dengan melakukan deep cleansing pada wajah Anda. Metode deep cleansing ini ditujukan agar wajah bersih sampai ke pori-porinya. Oleh karena itu, gunakan alat seperti brush atau sponge saat membersihkan wajah dengan sabun facewash.

2. Double Cleansing

Bruntusan juga dapat diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah double cleansing. Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini dilakukan dengan cara membersihkan wajah Anda sebanyak dua kali. Pertama, bersihkan muka menggunakan oil-based atau water-based cleanser. Setelah itu, cuci kembali muka dengan menggunakan facewash yang sesuai dengan kulit Anda.

3. Exfoliating

Menghilangkan bruntusan tak cukup hanya membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka. Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi, yakni pengangkatan sel kulit mati dan minyak berlebih yang menjadi pemicu terjadinya bruntusan.

Gunakan produk eksfoliasi yang mengandung salicylic acid yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, pun mengatasi minyak berlebih, karena sifatnya soluble oil-nya yang mampu menembus pori-pori wajah.

Eksfoliasi ini dapat dilakukan sebanyak 1 (kali) dalam seminggu minimal. Untuk hasil yang lebih maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi baiknya dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu.

4. Memakai Toner

Salah satu penyebab bruntusan adalah aktivitas pembersihan make-up yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, gunakan toner untuk membersihkan sisa makeup pada wajah. Selain wajah kembali bersih, toner efektif membantu mengontrol kadar pH wajah.

5. Serum Wajah

Aktif menggunakan serum wajah juga jadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah, pun mencegah wajah dari bruntusan. Kandungan pada serum wajah membuat kulit wajah jadi lebih bersahabat dengan niacinamide, benzoyl, atau peroxide, yang mana ketiganya menjadi bahan kimia pemicu terjadinya bruntusan pada wajah.

6. Moisturizer

Kulit yang berminyak adalah salah satu pemicu terjadinya bruntusan pada wajah. Oleh sebab itu, cara menghilangkan bruntusan di wajah akibat kulit berminyak adalah dengan menggunakan krim pelembab (moisturizer) khusus wajah.

Moisturizer berfugsi untuk melembabkan kulit wajah sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra yan mana hal tersebut bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah.

7. Masker Wajah

Memakai masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti aloe vera, daun teh, hingga madu juga dipercaya menjadi cara menghilangkan bruntusan pada wajah yang efektif.

Kenakan masker wajah Anda secara rutin, seperti saat mau tidur malam, sampai nanti hasilnya terlihat. Setelah bruntusan hilang, ada baiknya Anda tetap menggunakan masker wajah untuk mencegah bruntusan datang kembali di kemudian hari.

8. Mengurangi Pemakaian Makeup

Makeup memang penting untuk menunjang penampilan. Namun, suka tidak suka, makeup adalah penyebab bruntusan. Oleh karena, cara menghilangkan bruntusan yang kiranya juga harus Anda lakukan adalah mengurangi pemakaian makeup.

9. Konsisten Dengan Produk Wajah

Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk makeup hingga skincare, acap kali membuat Anda tergiur untuk mencoba berbagai produk tersebut. Padahal, belum tentu semua produk wajah cocok dengan kulit.

Akibatnya ketidakcocokan tersebut, timbullah masalah pada wajah, bruntusan salah satunya. Oleh sebab itu, baiknya konsisten dengan produk kecantikan wajah yang sudah ‘aman’ dengan kulit Anda menjadi cara menghilangkan bruntusan, pun mencegah wajah mengalami bruntusan.

10. Gunakan Skincare Secara Berurutan

Menggunakan berbagai macam produk skincare juga tidak boleh sembarangan, dalam arti pemakaiannya harus secara berurutan.

Sebagai contoh, Anda menggunakan moisturizer dan serum wajah. Idealnya, gunakan serum terlebih dahulu sebelum moisturizer. Sifat molekul pada moisturizer yang lebih besar ketimbang serum akan menghalangi molekul serum untuk meresap ke dalam pori-pori wajah apabla serum dipakai setelah moisturizer. Akibatnya, wajah bisa mengalami bruntusan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03