26 April 2024 - 12:07 12:07

Lima Makanan dan Minuman Terbaik Saat Demam Agar Cepat Pulih

WartaPenaNews, Jakarta – Demam merupakan tanggapan alami badan untuk hadapi infeksi. Saat demam, apa yang Anda makan atau minum ikut memastikan keberhasilan badan menantang penyakit. Itu penyebabnya Anda harus jeli untuk pilih makanan dan minuman jika menjaga orang yang sedang demam atau mungkin diri Anda sendiri.
Makanan dan minuman paling baik untuk orang demam

Pada intinya, tidak ada pantangan makanan spesial buat orang yang sedang demam. Kunci hadapi demam ialah mengonsumsi makanan bergizi imbang dan memenuhi kebutuhan cairan untuk percepat pemulihan.

Antara beragam makanan dan minuman yang dapat Anda mengonsumsi saat demam, berikut beberapa yang paling baik:

1. Sup ayam

Sup ayam mengandung protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan badan dalam jumlahnya banyak saat menantang infeksi. Tingginya kandungan air pada makanan ini akan memberikan konsumsi cairan dan elektrolit hingga bermanfaat untuk orang yang demam.

Diluar itu, sup ayam mengandung asam amino sistein yang bisa menantang virus dan meredakan peradangan pada badan. Buat orang yang terkena demam dibarengi pilek, sup ayam ialah makanan yang tepat untuk meredakan gejala penyakit ini.

2. Air kelapa

Demam dapat membuat Anda kehilangan banyak cairan badan. Oleh karena itu, makanan dan minuman yang Anda mengonsumsi saat demam harus dapat kembalikan cairan badan yang hilang. Satu diantara sumber cairan paling baik ialah air kelapa.

Bukan sekedar memberikan cairan yang Anda perlukan, air kelapa mengandung glukosa dan berbagai jenis mineral elektrolit. Kesetimbangan elektrolit harus tetap terbangun supaya badan dapat jalankan manfaatnya secara baik.

3. Madu

Manfaat madu buat kesehatan seakan tak ada habisnya. Bahan makanan alami ini mengandung senyawa antibakteri dan bisa tingkatkan peranan skema kebal badan. Ini penyebabnya madu jadi satu diantara makanan yang pas untuk orang demam.

Orang yang mengalami demam bisa mengonsumsi madu secara langsung atau mencampurkannya ke makanan dan minuman. Yakinkan Anda tidak memberikan madu pada bayi dibawah 1 tahun karena skema imunnya belum sempurna.

4. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan sumber vitamin dan mineral paling baik saat demam. Beberapa jenis buah seperti strobery, blueberry, dan cranberry kaya akan senyawa antosianin yang dapat menantang virus dan meredakan peradangan.

Faedah ini sudah dibuktikan dalam beberapa riset. Senyawa antosianin pada ekstrak buah dapat menghalangi perlekatan bakteri dan virus pada sel badan. Senyawa ini juga dapat dibuktikan bisa tingkatkan peranan skema kebal badan.

5. Teh hangat

Teh hangat dapat jadi pelengkap dari berbagai makanan untuk orang yang sedang demam. Masalahnya minuman ini memiliki sangat banyak faedah. Dari mulai memberikan konsumsi cairan, melegakan hidung mampet, dan meredakan peradangan pada badan.

Teh mengandung senyawa yang disebutkan polifenol. Senyawa ini menolong badan Anda menantang infeksi virus, bakteri, dan jamur. Karena faedah ini, teh jadi pilihan minuman tepat buat Anda yang mengalami demam dibarengi batuk dan pilek.

Tidak ada makanan atau minuman yang bisa meredakan demam, atau bahkan menyembuhkan penyakit. Tetapi, makanan dan minuman yang diberi untuk orang demam bisa tingkatkan peranan skema kebal badan dan meredakan gejala.

Pilih makanan kaya protein, vitamin, dan mineral. Melengkapi kebutuhan cairan Anda dari buah-buahan, sup dan kaldu, atau minum air putih. Janganlah lupa beristirahat dengan cukup untuk mendukung skema kebal badan hingga Anda segera sembuh. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 09:12
Ratusan Ribu NIK KTP Warga yang Tak Tinggal Lagi di Jakarta akan Dinonaktifkan

WARTAPENANEWS.COM –  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta sudah memulai tahapan penonaktifan nomor induk kependudukan (NIK) warga ber-KTP Jakarta yang tinggal dan menetap di daerah luar Jakarta. Kepala

01
|
26 April 2024 - 08:34
Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024

WARTAPENANEWS.COM – Azizah Salsha menyaksikan langsung pertandingan timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Dalam pertandingan tersebut, Indonesia menang usai adu pinalti 11-10, setelah

02
|
26 April 2024 - 08:08
Stok Beras Nasional Dipastikan Aman

WARTAPENANEWS.COM – Perum Bulog memastikan pasokan beras masih aman. Secara nasional, stok pangan dasar ini mencapai 1,45 juta ton. Jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) itu sudah termasuk penyerapan 633.000 ton

03