29 March 2024 - 09:06 9:06

4 Cara Paling Jitu Hilangkan Selangkangan yang Menghitam karena Pembalut

WartaPenaNews, Jakarta - Wanita bisa gonta-ganti pembalut 2-4 kali dalam sehari saat haid. Coba hitung berapa banyak pembalut yang Anda bisa habiskan dalam seminggu? Nah jika Anda terbiasa pakai pembalut yang bersayap alias wings, lama-lama selangkangan bisa menghitam karenanya. Kenapa? Adakah cara mencegah selangkangan jadi hitam karena pembalut?

Berikut cara mencegah selangkangan Anda berubah hitam karena pakai pembalut wings:

1. Jangan pakai baju ketat

Chafing paling sering terjadi akibat gesekan antara kulit dengan bahan pakaian ketat. Maka, sebisa mungkin jangan dulu pakai baju ketat atau celana luar yang terlalu ketat saat mens.

Pakaian yang serba ketat memerangkap keringat sehingga area sekitar vagina jadi lebih lembap. Kondisi vagina yang lembap akan memudahkan gesekan terus terjadi antara kulit dengan sayap pembalut atau dengan bahan pakaian itu sendiri. Hal ini membuat kulit selangkangan jadi hitam.

Sebagai gantinya, kenakanlah pakaian longgar yang berbahan katun. Selain dapat menyerap keringat, bahan katun juga ringan sehingga nyaman untuk dipakai beraktivitas.

Celana dalam yang kesempitan atau kebesaran juga bisa mengiritasi kulit selangkangan.

2. Rutin ganti celana dalam

Celana dalam harus diganti minimal 2 kali dalam sehari. Namun, Anda mungkin harus lebih sering ganti celana dalam saat haid agar selangkangan tidak hitam karena pakai pembalut.

Segera ganti jika celana dalam sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ini menandakan celana dalam Anda sudah lembab dan kotor. Kondisi lembab ini dapat memicu chafing yang dapat menghitamkan selangkangan Anda.

3. Pakai sunblock

Mencegah selangkangan hitam karena pembalut wings juga bisa dengan cara pakai sunblock atau sunscreen ber-SPF minimal 30. Terutama jika Anda sedang pakai gaun, rok, atau celana pendek.

Meski sudah pakai sunblock, sebisa mungkin tetap hindari paparan sinar matahari langsung agar kulit tidak cepat gosong.

4. Jaga vagina tetap kering

Vagina sejatinya bisa membersihkan dirinya sendiri. Namun, Anda tetap harus rutin menjaga kebersihan vagina saat haid. Menstruasi membuat area selangkangan terus terasa lembap. Selain mudah menghitamkan kulit selangkanga, kondisi lembap dapat memicu pertumbuhan bakteri atau jamur penyebab infeksi.

Oleh sebab itu, bersihkan vagina dengan membasuhnya pakai air hangat mengalir setiap kali habis buang air keci. Setelah dibilas, keringkan dengan baik agar tidak lembap.

Pastikan juga Anda mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Pembalut tanpa sayap bisa jadi pilihan terbaik agar selangkangan tidak berubah hitam karena sedang haid. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03