19 April 2024 - 18:26 18:26

4 Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Maag

WartaPenaNews, Jakarta – Sakit maag atau dalam bahasa medis dikenal dengan dispepsia diartikan sebagai rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar area ulu hati. Nyeri ulu hati memang sering kali menjadi gejala utama dari sakit maag. Tidak jarang, keluhan nyeri ulu hati tersebut bisa mengganggu aktivitas seharian.

Ada beberapa gejala lain yang bisa dirasakan seseorang yang mengalami maag, yaitu mual, muntah, perut kembung, mudah kenyang, nafsu makan berkurang, hingga sering berserdawa. Karena itu, bisa disimpulkan bahwa dispepsia terdiri dari kumpulan gejala. Kumpulan gejala ini sering dihubungkan dengan adanya masalah di organ lambung.

Sakit maag umumnya terjadi akibat adanya infeksi pada lambung atau produksi asam lambung berlebihan. Dalam proses perjalanannya, penyakit maag bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mengakibatkan dinding lambung mengalami peradangan hingga membentuk luka. Luka inilah yang umumnya menimbulkan keluhan nyeri pada ulu hati Anda.

Sementara itu, produksi asam lambung berlebihan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Yaitu, stres, pola makan tidak teratur, penggunaan obat-obatan tertentu, serta konsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung.

Dengan demikian, penting bagi Anda untuk tahu beberapa makanan yang seharusnya dihindari agar tidak memperburuk kondisi sakit maag Anda. Simak penjelasannya berikut.

1. Makanan yang meningkatkan asam lambung
Selain penggunaan obat mag, produksi asam lambung yang berlebihan harus dicegah dengan menghindari makanan-makanan pencetusnya. Beberapa makanan yang memicu produksi asam lambung berlebih, di antaranya buah jeruk, lemon, tomat, dan makanan yang bersifat asam lainnya.

2. Makanan yang merusak dinding lambung
Beberapa makanan bisa bersifat iritan bagi lambung, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Kondisi tersebut berpotensi merusak dinding lambung. Beberapa makanan yang dapat merusak dinding lambung, yaitu makanan pedas, cuka, merica, dan makanan yang bersifat asam.

3. Makanan yang mengandung gas
Beberapa makanan dapat memicu produksi gas berlebih di dalam lambung. Perasaan begah dapat memburuk kondisi sakit maag Anda. Dengan begitu, Anda harus menghindari beberapa makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, nangka, dan makanan berlemak hewani.

4. Makanan yang sulit dicerna
Terdapat beberapa jenis makanan yang memperberat kerja lambung, yang bisa memperlambat pengosongan lambung. Proses pencernaan yang semakin berat di lambung dapat memperburuk kondisi maag Anda. Makanan yang sulit dicerna lambung, di antaranya produk olahan susu, makanan berlemak, dan makanan dengan pemanis buatan.

Selain menghindari beberapa jenis makanan di atas, penderita mag juga harus memiliki pola makan yang teratur. Jangan biarkan lambung Anda kosong dalam waktu yang terlalu lama karena dapat memburuk kondisi maag. Meningkatkan frekuensi makan dalam porsi kecil dianjurkan bagi penderita maag.

Sebaiknya penderita maag makan setiap tiga jam sekali sesuai dengan waktu rata-rata pengosongan lambung setiap habis makan. Sederhananya, Anda dapat coba menerapkan jadwal makan yang terdiri dari tiga porsi besar (makan pagi, siang, malam) dan diselingi dua porsi kecil (camilan).

Menjalankan pola makan yang baik berperan dalam keberhasilan terapi sakit maag. Dengan menghindari beberapa makanan di atas, disertai jadwal makan yang teratur bisa membantu dalam mengatasi sakit maag. (dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03