29 March 2024 - 19:58 19:58

5 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Debat Pilpres Keempat

WartaPenaNews, Jakarta – Polda Metro Jaya memastikan area Hotel Shangri-La Jakarta yang digunakan sebagai tempat debat keempat pilpres 2019 dalam kondisi aman. Sebanyak 5.000 personil gabungan dan dari aparat TNI-Polri dan Satpol PP Pemprov DKI Jakarta diterjunkan dalam pengamanan, Sabtu (30/3) malam nanti. Di sisi lain, aparat juga menerjunkan pasukan anjing K9. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman teror.

“Jadi, untuk pengamanan nanti kita sudah rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam. Hasilnya, kegiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Shangri-La,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan, Kamis (28/3).

Lebih lanjut, Argo menegaskan pihaknya belum mendapat informasi kemungkinan pergerakan massa pendukung kedua pasangan calon dalam jumlah besar. Meski demikian, para personel tetap mengantisipasi hal itu.

“Pola pengamanan kita masih sama dengan sebelumnya, yakni kita buat ring satu sampai ring empat. Dan nanti setiap ring itu akan kita tempatkan masing-masing personel yang telah disiapkan,” ujar Argo.

Argo menjelaskan, untuk pengamanan di ring satu selain dari personel yang ada akan dijaga pula oleh tim Paspampres. Di bagian ring satu ini, diakui Argo, pihaknya memastikan ruangan tersebut steril karena merupakan lokasi debat yang diisi oleh dua Capres, pendukung kedua Capres, dan tamu VIP yang dikeluarkan KPU.

“Tentunya, masuk ke ring 1 ini melalui pintu sterilisasi. Dan pasti, tamunya sudah disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Kita akan pastikan semuanya orang yang mau masuk dicek, ada id card yang sudah dikeluarkan KPU, tanpa idcard boleh masuk disana,” jelasnya.

Ia menambahkan, pengamanan ring 2 ditempatkan di sekitar area parkir basement. Di ring ini nantinya, akan disiapkan personel TNI-Polri. Kemudian, di ring 3 itu di sekitar hotel termasuk masuk ke hotel, dan jalan di depan hotel. “Untuk ring tiga personel yang jaga dari Polri,” ucap Argo.

Terakhir, kata Argo, pengamanan ring 4 yang merupakan jalan mau menuju ke lokasi, yakni ruas jalan raya, dan sejumlah lokasi persimpangan. “Intinya, di ring 4 ini semuanya kita atur agar jangan sampai ada kemacetan yang panjang,” ungkapnya.

“Nanti yang akan mengatur dari Dirlantas dengan menggunakan kekuatannya untuk mengatur, nanti setiap personelnya akan ditempatkan di berbagai titik jangan sampai ada kemacetan. Adapun nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup (rekayasa lalu lintas), situasional,” terangnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03