28 March 2024 - 22:59 22:59

5 Tips Atasi Perut Sakit Usai Makan Pedas

WartaPenaNews, Jakarta – Mengonsumsi makanan pedas untuk beberapa orang bisa mengundang rasa sakit dan sensasi melilit pada perut. Untungnya, ada sekian banyak cara mudah yang bisa Anda melakukan untuk menangani perut sakit setelah makan pedas.

Rasa sakit pada perut setelah makan pedas dipacu oleh senyawa kimia yang dimaksud capsaicin. Molekul senyawa ini berikatan dengan reseptor saraf yang menghantarkan tanda ngilu ketujuan otak.

Untuk menahan iritasi gara-gara capsaicin, dinding lambung memproduksi lendir teristimewa. Kalau terlalu banyak atau terlalu kerap makan pedas, paparan capsaicin akan bikin lendir teristimewa itu tak terlalu ampuh melindungi sampai-sampai mengundang rasa sakit pada perut Anda.

Sejumlah cara yang bisa digunakan untuk menangani perut sakit setelah makan pedas salah satunya:

1. Minum air rebusan jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk menangani masalah perut. Senyawa antiradang pada jahe di percayai bisa membantu keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, sampai irritable bowel syndrome (IBS).

Bahan pangan ini bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Anda dapat mencampurkannya dengan teh, mengonsumsinya berbentuk suplemen, atau mengolahnya dengan cara yang paling simple, yaitu di rebus.

2. Minum teh chamomile

Teh chamomile pula memiliki senyawa yang bisa meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan merilekskan otot aliran pencernaan.

Oleh karena itu, teh chamomile dipercaya sebagai satu diantaranya cara yang bisa menolong menangani sakit perut setelah makan pedas.

Terkadang, sakit perut dapat bertambah parah karena makanan pedas menyebabkan produksi asam lambung bertambah. Teh chamomile bisa menolong menahan hal ini dengan menurunkan produksi asam lambung.

3. Menggunakan kompres hangat

Kompres hangat memang tidak menangani sakit perut secara langsung. Tetapi, sensasi hangat yang Anda rasakan akan mengubah Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot aliran pencernaan.

Anda bisa menggunakan kain lap yang dibasahi air hangat, botol terdapat air hangat, atau heating pad. Lekatkan pada perut saat sakit mulai merasa, namun jangan menggunakannya terlalu lama supaya kulit iritasi.

4. Konsumsi makanan dan minuman pelarut capsaicin

Satu diantaranya cara terpilih untuk menangani perut sakit setelah makan pedas yakni dengan menyingkirkan sebabnya, yaitu capsaicin.

Untuk mengurangi resiko capsaicin pada badan, Anda butuh mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa melarutkannya.

Capsaicin larut dalam lemak. Jadi, Anda bisa melarutkannya dengan susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau dikit minyak zaitun. Roti dan nasi tidak dapat mencairkan capsaicin, namun keduanya dapat menyerap senyawa ini secara baik.

5. Minum kombinasi lemon dan madu

Kalau makan pedas bikin Anda sakit perut, coba untuk minum kombinasi lemon dan madu. Kombinasi ini dapat meredakan pedas pada mulut.

Madu mengandung butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sementara lemon yang miliki sifat asam bisa menetralisasi capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Tetapi, hati-hatilah jika Anda memiliki penyakit lambung.

Sejumlah cara di atas bisa menolong Anda menangani perut sakit setelah makan pedas. Dapat tetapi, makan pedas secara berlebihan tetap tidak diminta karena bisa mengundang efek periode panjang pada lambung.

Kalau rasa sakit pada perut Anda tidak pula menyusut, segera periksakan diri Anda ke dokter. Situasi ini mungkin menandakan masalah kesehatan serius yang butuh perlakuan segera. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03