25 April 2024 - 06:40 6:40

7 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu

WartaPenaNews, Jakarta – Ketumbar merupakan salah satu tumbuhan rempah yang populer di Indonesia. Biasanya, masyarakat menggunakan biji rempah itu untuk menambahkan rasa pada hidangan nusantara. Jika memasak tanpa menambahkan ketumbar sebagai bumbunya akan terasa kurang.

Tapi tahukah Anda, dibalik rasa legit dan aroma harum segar yang menjadi ciri khasnya, ternyata banyak khasiat ketumbar yang sangat baik untuk kesehatan.

Batang, daun, biji, minyak esensial, dan akar tanaman ini semuanya memiliki kemampuan penyembuhan dan dapat membantu dalam meredakan berbagai macam keluhan penyakit. Dilansir University Health News, berikut beberapa khasiat ketumbar bagi kesehatan.

Memerangi kerusakan oksidatif
Ketumbar adalah sumber antioksidan kuat. Senyawa fenolik seperti katekin, alkana, apigenin, dan lanalool ditemukan di Coriandrum sativum. Jenis antioksidan ini membantu mengais radikal bebas, yang bisa sangat merugikan tubuh jika tidak dibersihkan dengan baik.

Memerangi kanker
Sebagian besar kemampuan antioksidannya, ketumbar dianggap sebagai alat untuk membantu mengobati kanker. Ekstrak dari akar tanaman telah terbukti menghambat kerusakan DNA, mencegah migrasi sel kanker, dan mendorong kematian sel kanker dalam penelitian laboratorium.

Mengobati diabetes
Sebuah penelitian dalam Journal of Food Science menemukan bahwa ekstrak dari ketumbar batang dan daun dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus laboratorium yang diinduksi diabetes.

Peneliti menyarankan antioksidan dalam ketumbar setidaknya sebagian bertanggung jawab atas efek anti-diabetes ini. Ekstrak juga bisa membantu meregenerasi sel pankreas yang dapat mengontrol gula darah lebih baik.

Menurunkan kolesterol
Ekstrak ketumbar juga bisa menurunkan total kolesterol, yaitu kolesterol LDL dan trigliserida pada tikus yang diberi diet tinggi kolesterol. Efek serupa juga terlihat pada tikus diabetes dengan profil lipid tinggi. Suplemen dari ekstrak ketumbar bisa menghasilkan kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah.

Memerangi infeksi
Ketumbar memiliki efek antijamur dan antimikroba yang kuat. Dalam sebuah penelitian, minyak atsiri ketumbar menghasilkan efek antijamur yang kuat terhadap spesies Candida, yang bertanggung jawab atas infeksi ragi.

Peneliti percaya ketumbar memiliki kemampuan untuk menghancurkan dinding sel patogen, yang membantu mencegah bakteri dalam luka berkembang biak. Hasil satu penelitian menemukan bahwa minyak ketumbar efektif terhadap semua bakteri yang diuji.

Detoksifikasi logam
Ketumbar dapat melindungi tubuh dari keracunan timbal. Keracunan timbal sendiri merupakan keracunan yang biasanya terjadi akibat makanan atau minuman yang terkontaminasi logam. Ketumbar dapat bertindak sebagai detoksifikasi kuat, yang membersihkan tubuh dari logam beracun seperti timah dan sejenisnya.

Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian di tahun 2011 menemukan defisit memori pada tikus bisa dibalik dengan penambahan daun ketumbar dalam makanan selama 45 hari. Dengan penelitian lebih lanjut, ketumbar bisa berperan dalam mengelola kondisi seperti penyakit Alzheimer. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03