19 April 2024 - 17:35 17:35

8 Penyakit Mengintai Bila Tidur Terlalu Lama

WartaPenaNews, Jakarta - Ungkapan “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik” kiranya benar adanya, tidak terkecuali dalam urusan tidur. Kendati tidur adalah aktivitas yang ‘menyenangkan’ (dan memang suatu kebutuhan), faktanya tidur terlalu lama menurut sejumlah penelitian dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja akibat tidur terlalu lama? Benarkah sampai menyebabkan kematian?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, efek tidur terlalu lama bisa berupa sejumlah masalah kesehatan, dari yang sifatnya ringan hingga serius sekalipun. Nah, berikut ini adalah akibat tidur terlalu lama yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

1. Sakit Kepala

Rasanya hampir semua orang yang tidur terlalu lama, kemudian saat bangun kepalanya merasa pusing dan sakit. Akibat tidur terlalu lama ini adalah suatu hal yang lazim, mengingat senyawa kimia yang ada di dalam otak mengalami gangguan.

2. Mengalami Depresi

Dari hasil sejumlah penelitian, diketahui bahwasanya akibat tidur terlalu lama bisa berujung pada kondisi depresi pada para pelakunya. Disebutkan sekitar 15 persen orang yang tidur terlalu lama mengalami depresi.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan jika kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan, dikhawatirkan depresi yang dialami akan semakin parah.

3. Gangguan Daya Ingat

Salah satu manfaat tidur adalah meningkatkan fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan kemampuan daya ingat. Namun hal ini tidak berlaku apabila Anda tidur terlalu lama. Ya, akibat tidur terlalu lama ternyata justru membuat daya ingat mengalami penurunan.

Bahaya tidur terlalu lama yang satu ini dikarenakan saat Anda tidur melebihi durasi normal, fungsi daripada sel-sel otak akan terdegradasi, sehingga berdampak pada daya ingat yang melemah.

4. Diabetes

Akibat tidur terlalu lama, seseorang juga lebih berisiko untuk mengidap penyakit gula darah atau diabetes. Kalaupun Anda sudah mengidap diabetes, maka mengikuti kemauan tubuh untuk tidur dalam waktu lama hanya akan memperparah penyakit diabetes tersebut.

Alih-alih tidur, cobalah untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menyehatkan seperti membaca buku atau berolahraga.

5. Kegemukan (Obesitas)

Kegemukan atau obesitas juga menjadi salah satu efek tidur terlalu lama yang mungkin akan Anda alami jika kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus.

Akibat tidur terlalu lama ini dikarenakan adanya perlambatan metabolisme tubuh, sehingga lemak yang seharusnya terbuang malah semakin menumpuk dan berujung pada peningkatan berat badan secara drastis sampai melebihi ukuran ideal.

Bahaya tidur terlalu lama ini bahkan telah diamini oleh sebuah penelitian. Dikatakan dalam penelitian tersebut bahwa orang yang memiliki durasi tidur melebihi batas normal berisiko untuk mengalami obesitas 21 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang tidur dalam durasi normal.

6. Serangan Jantung

Jangan menganggap tidur terlalu lama adalah hal yang tidak terlalu berdampak negatif bagi tubuh. Faktanya, kebiasaan ini juga berperan dalam meningkatkan risiko penyakit mematikan yakni serangan jantung, lho.

Sebuah studi yang dilakukan dengan melibatkan 72 ribu peserta wanita menemukan fakta bahwa durasi tidur selama 9 – 11 jam setiap malam menyebabkan terjadinya serangan jantung koroner pada 38 persen dari total peserta tersebut.

Kendati korelasi antara akibat tidur terlalu lama dengan serangan jantung belum dapat diketahui secara pasti, namun kiranya hal ini bisa menjadi semacam peringatan dini bagi Anda untuk lebih bisa mengatur jadwal dan durasi tidur agar tidak berlebihan.

7. Nyeri Punggung

Manakala Anda tidur terlalu lama, biasanya saat bangun punggung akan terasa nyeri. Tak heran, karena nyeri punggung adalah efek tidur terlalu lama yang hampir pasti terjadi pada siapapun pelakunya. Terlebih lagi jika kasur yang digunakan untuk tidur tidak terlalu mengakomodir tubuh dengan baik.

Kondisi ini tentunya cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, bukan? Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari hal ini demi menjaga produktivitas. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter apabila sudah terlanjur mengalami nyeri punggun akibat tidur terlalu lama.

8. Meninggal Dunia

Bahaya tidur terlalu lama menurut studi-studi lainnya bahkan bisa sampai pada peningkatan risiko kematian. Orang yang tidur di atas 9 jam berpotensi mengalami kematian lebih besar ketimbang orang yang tidur dalam durasi ideal.

Sama seperti efek tidur terlalu lama berupa penyakit jantung, korelasi antara keduanya belum diketahui secara pasti. Kuat dugaan bahawa hal ini terkait dengan rasa depresi yang juga diakibatkan oleh tidur terlalu lama. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03