20 April 2024 - 01:04 1:04

Agar Tetap Langgeng, Ini 5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Menjalani LDR

WartaPenaNews, Jakarta - Long distance relationship (LDR) alias hubungan jarak jauh tak jarang menjadi alasan bagi banyak pasangan untuk mengakhiri hubungan. Pemicunya biasanya berasal dari komunikasi yang kurang efektif antara kedua belah pihak. Kabar baiknya, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan menerapkan beberapa tips sebelum jarak benar-benar memisahkan (LDR).

Tips sebelum menjalani LDR

Menjalani LDR tidaklah mudah. Anda dan pasangan tentu perlu beradaptasi terhadap banyak perubahan yang terjadi. Sayangnya, tidak semua pasangan menyadari bahwa proses adaptasi perlu dimulai bahkan dari sebelum menjalani LDR.

Guna mempermudah prosesnya, berikut sederet tips yang bisa Anda terapkan sebelum menjalani LDR:

1. Membicarakan kebutuhan Anda dan pasangan

memiliki minat dan kesamaan dengan pasangan

Tips pertama yang perlu dilakukan pasangan sebelum menjalani LDR adalah membicarakan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ungkapkan perasaan Anda dengan jujur serta harapan Anda kepada pasangan selama menjalani LDR ini.

Anda mungkin merasa takut dan cemas, terutama jika jarak antara tempat tinggal Anda dan pasangan nantinya begitu jauh. Memendam rasa takut tidak akan membuat Anda semakin kuat. Justru, sampaikan masalah ini kepada pasangan agar ia memahaminya.

2. Menentukan waktu untuk menelepon dan berkirim pesan

Ini merupakan salah satu tips terpenting sebelum menjalani LDR. Pasalnya, perbedaan jadwal kerja, jam tidur, dan zona waktu bisa memicu pertengkaran. Atur kapan saatnya menelepon dan berkirim pesan agar tidak mengganggu kesibukan satu sama lain.

Diskusikan pula faktor lain terkait pola komunikasi yang dapat memicu pertengkaran. Misalnya, apakah Anda nyaman dengan telepon yang masuk tiba-tiba, siapa yang menelepon lebih dulu, perlukah memberi kabar setiap hari, dan sebagainya.

3. Berpikir positif dan optimis

dimanfaatkan oleh pasangan

Alih-alih membuat hubungan asmara menjadi renggang, hubungan LDR yang sehat justru memperkuat ikatan emosional antara Anda dan pasangan. Perasaan sayang Anda kepada pasangan bahkan akan bertambah besar selama menjalani LDR.

Untuk bisa memperoleh manfaat ini, tips yang perlu Anda terapkan sebelum menjalani LDR adalah tetap berpikir positif mengenai hubungan Anda. Pikiran positif dapat membantu Anda berpikir lebih jernih dalam mengahadapi setiap situasi sulit dalam menjalani hubungan jarak jauh ini.

4. Memercayai pasangan

Kepercayaan adalah fondasi dari setiap hubungan. Bahkan tak sedikit hubungan yang berakhir akibat masalah kepercayaan. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan yang Anda jalani akan selalu terisi dengan perasaan curiga dan prasangka buruk.

Sedapat mungkin, hindari munculnya perasaan curiga dan pikiran negatif. Jangan membuat asumsi tanpa mengetahui kebenarannya. Jika pasangan Anda menunjukkan sikap yang berbeda, tanyakan alasannya secara langsung.

5. Ciptakan rutinitas sederhana yang menjaga keharmonisan hubungan

Menerapkan tips yang satu ini sebelum menjalani LDR akan menjaga hubungan Anda tetap harmonis. Alasannya tak lain karena rutinitas sederhana yang dilakukan bersama membuat Anda merasa tetap terhubung dengan pasangan.

Anda dan pasangan bisa saling berkirim pesan selamat pagi, menceritakan hal menarik yang terjadi pada pekan tersebut, dan masih banyak lagi. Jika pasangan Anda pulang secara berkala, bertemu untuk melepas kangen juga bisa menjadi salah satunya.

Hubungan LDR yang sukses dibangun berdasarkan kepercayaan, komunikasi yang baik, serta komitmen. Meskipun hubungan ini lebih menantang, Anda dan pasangan akan memperoleh hasil yang sepadan jika berhasil melaluinya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03