28 March 2024 - 19:38 19:38

Aksi Unjuk Rasa di Kantor Bawaslu Pali Sumsel Berakhir Ricuh

WartaPenaNews, Sumsel - Aksi unjuk rasa yang dilakukan ratusan orang dari Aliansi Masyarakat Tanah Abang Bersatu di kantor Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (3/5/2019), berakhir ricuh.

Dari peristiwa ini, sejumlah anggota Polri dan TNI mengalami luka-luka akibat lemparan batu dan kayu dari massa. Berdasarkan informasi yang didapat, ratusan orang menyambangi kantor Bawaslu PALI sekitar pukul 10.00 WIB Mereka dikawal ketat anggota Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Massa mendatangi kantor Bawaslu guna menuntut dilakukannya pemungutan suara ulang (PSU) untuk Kecamatan Tanah Abang dan Abab atau di daerah pemilihan 3 Kabupaten PALI.

Para pendemo merasa banyak kejanggalan dalam pemilu serentak tahun ini, sehingga harus dilakukan pencoblosan ulang. Namun dalam aksi ini, massa yang berorasi justru tersulut emosi hingga terjadinya ketegangan dengan pihak keamanan.

Massa dan pihak keamanan terlibat aksi saling dorong, dan kericuhan pun tidak terelakkan. Massa melempari petugas dengan batu dan kayu, mengakibatkan beberapa anggota Polri dan TNI terluka.

Saat dikonfirmasi, Kepala Polres Muara Enim, AKBP Afner Juwono, mengatakan massa ini merupakan keluarga dan pendukung dari beberapa calon anggota legislatif Kabupaten PALI dari dua Kecamatan.

“Mereka juga telah melukai aparat kita. Apabila tidak ada yang bertanggung jawab atas kerusuhan ini, maka kami akan menangkap calegnya, karena terindikasi massa ini dikerahkan oleh caleg,” tegas Afner.

Akibat kericuhan tersebut, anggota Polri dan TNI yang terluka langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk diberikan pertolongan.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa orang yang berbuat anarki dan melukai aparat keamanan diamankan pihak kepolisian dan dibawa ke Mapolres Muara Enim. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03