25 April 2024 - 19:46 19:46

Aman Gak Sih… Mandi dengan Sabun Antiseptik Setiap Hari?

WartaPenaNews, Jakarta – Bersihkan kulit waktu mandi pasti tidak optimal tanpa ada pertolongan sabun, terutamanya sabun antiseptik. Tetapi beberapa warga memiliki pendapat jika sabun antiseptik semestinya tidak digunakan tiap hari. Karena, mandi dengan sabun antiseptik tiap hari dipandang malah dapat membuat kulit iritasi. Apakah benar?

Aman ataukah tidak bergantung kulit Anda

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, penentuan type sabun mandi sebetulnya benar-benar tergantung pada type kulit Anda. Jika kulit Anda memang kering sesudah memakai sabun antiseptik terus-terusan, itu bermakna kulit Anda terhitung kulit peka yang tidak dapat terserang bahan keras tiap hari.

“Jadi, jika diberi pertanyaan bisa ataukah tidak, sebetulnya sah-sah saja. Seandainya sabun antiseptik itu tidak memunculkan kekeringan di kulit. Jika kering, lebih baik gunakan waktu diperlukan saja,” sebut dr. Alvin.

Contohnya, waktu Anda sedang keringat berlebihan atau bersentuhan dengan lingkungan yang benar-benar kotor. Seterusnya, Anda dapat balik lagi memakai sabun tubuh yang lebih mudah serta lembut.

Disebutkan oleh dr. Alvin, pada intinya, sabun yang baik ialah sabun yang masih jaga kelembaban kulit Anda. Bila Anda bukan pribadi yang begitu aktif, sedikit melakukan aktivitas di lingkungan berpolusi, serta tidak mempunyai permasalahan kulit tersendiri, lebih baik lebih pakai sabun biasa untuk mandi seharian.

Tidak semua sabun antiseptik sama kekuatannya
Perlu untuk diketahui jika potensi sabun antiseptik dalam menghalangi perkembangan bakteri benar-benar tergantung pada bahan aktif yang terdapat di dalamnya. Nah, satu diantara bahan aktif antibakterial yang ampuh serta dengan luas dipakai di dunia medis ialah ion perak.

Diambil dari American Society for Microbiology, ion perak ialah senyawa yang dipakai dalam bagian kesehatan jadi antimikroba. Senyawa ini aman, serta dapat dibuktikan benar-benar berguna. Dari mulai sebatas menjaga cedera, sampai jaga perlengkapan operasi dari paparan kuman atau bakteri.

Beberapa riset juga sudah menunjukkan jika ion perak dapat menantang bakteri pemicu masalah pernafasan (Staphylococcus), atau kuman-kuman pemicu masalah pencernaan seperti Salmonella serta Escherichia coli.

Tetapi, walau ampuh membunuh bakteri, tidak semua sabun memiliki kandungan ion perak. Karenanya, bila Anda ingin bersihkan diri dari kuman serta bakteri dengan selesai, yakinkan senyawa ini berada di kandungan sabun Anda.

Tidak hanya bahan yang terdapat, Anda pun harus memerhatikan langkah penggunaan sabun. Banyak orang memandang membersihkan sesaat tangan dengan sabun lalu dibasuh, bisa membunuh semua kuman. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03