29 March 2024 - 15:59 15:59

Arema FC vs Persebaya, Demi yang Terbaik

WartaPenaNews, Jakarta – Arema FC bakal menjamu Persebaya Surabaya di leg kedua babak final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4) malam ini.

Laga itu bakal menjadi penentu bagi kedua tim, untuk menentukan siapa yang akan menjadi jaura di ajang pra-musim paling bergengsi di Tanah Air tersebut.

Sebelumnya, pada leg pertama babak final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/4) kemarin, Persebaya ditahan imbang 2-2 oleh Arema.

Jelas hasil di leg pertama itu membuat, Persebaya kurang diuntungkan, lantaran diprediksi Bajul Ijo -julukan Persebaya- harus ekstra kerja keras demi meraih kemenangan dengan minimal selisih satu gol di markas Arema nanti.

Meski demikian, Persebaya sendiri mengaku belum menyerah kendati dalam tekanan jelang leg kedua. Bahkan, tim asuhan Djadjang Nurdjaman itu optimis bisa meraih kemenangan di laga tersebut.

“Yang perlu digarisbawahi kami belum kalah. Kami masih bisa berbuat sesuatu untuk juara,” tutur asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro seperti dikutip situs resmi PSSI, Kamis (11/4) kemarin.

Legenda Persebaya Surabaya ini mengaku anak asuhnya tengah berusaha keras untuk bisa mengembalikan mental untuk bisa berpikir positif bahwa peluang juara Piala Presiden 2019, masih terbuka lebar. Ia menambahkan, kekecewaan atas hasil di leg pertama harus segera dihilangkan.

“Intinya kami berusaha mengembalikan mental pemain. Kecewa pasti iya, karena kami bisa menang harusnya. Tetapi itu bukan alasan karena ada leg kedua,” terang Bejo.

Lebih lanjut ayah kandung dari pemain Timnas Indonesia U-23, Rachmat Irianto itu menilai bahwa kondisi Otavio Dutra dan kawan-kawan kini berangsur membaik jelang pertandingan leg kedua.

Ia juga menambahkan, bahwa tim pelatih terus berupaya untuk membangkitkan semangat mental para pemain agar mampu memberikan kejutan saat duel leg kedua itu. Ia menegaskan bahwa timnya juga mampu mencuri hasil imbang atau kemenangan di markas Arema.

Persebaya, masih bisa juara bila memaksakan hasil imbang dengan skor besar seperti 3-3, 4-4, dan seterusnya. Sedangkan Arema hanya butuh hasil imbang 0-0 atau 1-1 untuk bisa merebut trofi juara Piala Presiden 2019 dari Persebaya.

“Pertandingan nanti itu penting. Kalau Arema bisa curi seri di Surabaya, pasti kami ada peluang curi kemenangan di sana. Kami juga inin menyamai mereka (Arema) di Malang. Saya juga sudah meminta ke pemain, untuk menganggap hujatan Aremania sebagai sprit,” jelasnya.

Terkait kondisi pemain, Bejo mengaku bahwa seluruh pemainnya dalam keadaan baik dan siap bertarung menghadapi Arema di leg kedua Piala Presiden 2019.

“Recovery itu kan untuk mengetahui bagaimana kondisi pemain. Yang terasa yang minggir dulu. Untuk pemain, seperti Hidayat mungkin tidak bisa main. Sementara, Ruben Sanadi bagus kata dokter. Kemungkinan bisa. Cuma nanti sisi teknis yang disiapkan, wewenang coach Djanur (sapaan akrab Djadjang Nurdjaman, red),” tukasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Djanur yang mengatakan bahwa timnya tetap optimis menghadapi duel leg kedua menghadapi Arema FC, nanti.

“Kami masih tetap optimis menatap leg kedua nanti walaupun dengan target kami harus menang di sana. Menang bukan pekerjaan yang gampang, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Kami berusaha maksimal untuk meraih juara,” tutur Djanur.

Sementara itu, pelatih Arema FC, Milomir Seslija mengaku bahwa timnya juga siap tempur saat menjamu Persebaya Surabaya. Bahkan, pelatih yang akrab disapa Milo itu menyebutkan bahwa timnya tak gentar dengan lawan yang akan dihadapinya tersebut. Apalagi disebutkannya, bahwa timnya diuntungkan dengan dukungan Aremania yang dipastikan bakal memadati stadion.

“Kami tidak takut dengan lawan siapa-pun. Kami akan coba bangkit, da berjuang bersama-sama untuk menghadapi Persebaya nanti,” tutur Milo seperti dikutip dari Wearemania, Kamis (11/4) kemarin.

Selain itu, pelatih berkebangsaan Bosnia itu juga meminta agar anak asuhnya tidak jumawa dengan keuntungan hasil imbang yang didapatnya dari markas Persebaya, beberapa waktu lalu. Hal itu guna mewaspadai tim Persebaya yang dinilainya akan menunjukkan kemampuan terbaiknya di laga tersebut.

“Persebaya merupakan tim yang bagus, baikpun bermain di kandang ataupun bermain di tandang. Jadi kami harus tetap fokus, percaya dengan kemampuan diri sendiri, mencoba mengakhiri pekerjaan ini seperti yang kita lakukan di Surabaya,” terangnya.

Oleh sebab itu, Milo meminta agar anak asuhnya tetap berusaha semaksimal mungkin saat berhadapan dengan tim kebanggaan masyarakat Surabay itu. Hal itu dikatakannnya, lantaran iamenilai dua gol yang dicetak anak asuhnya saat bertandang ke markas Persebaya, belum bisa menentukan hasil juara.

“Kita tahu, saat ini kita dalam posisi bagus dari Persebaya. Namun, pemain harus tetap kerja keras lagi, pemain harus bisa memampilkan 120 persen usaha mereka. Kita harus bermain cerdas, bagus dan mengakhiri semuangnya denga indah,” tukas Milo. (*/dbs)

Perkiraan susunan pemain :
Arema FC (4-2-3-1) : 96-Kartika Ajie (gk); 39-Alfin Tuasalamony, 44-Arthur Cunha, 23-Hamka Hamzah (c), 87-Johan Alfarizi; 12-Hendro Siswanto, 19-Hanif Sjahbandi; 41-Dendi Santoso, 10-Makan Konate, 21-Ricky Kayame; 27-Dedik Setiawan
Pelatih: Milomir Seslija

Persebaya (4-3-3) : 1-Abdul Rohim (gk); 2-Novan Sasongko, 23-Hansamu Yama, 5-Otavio Dutra, 14-Ruben Sanadi (c); 27-Fandi Eko Utomo, 6-Misbakus Solikin, 10-Damian Lizio; 41-Irfan Jaya, 9-Amido Balde, 63-Manuchekhr Dzhalilov
Pelatih : Djadjang Nurdjaman

Rekor Kandang Arema (Sepanjang 2019):
26/1/2019 Arema vs Persita 4-1 (Piala Indonesia)
22/2/2019 Arema vs Persib 2-2 (Piala Indonesia)
4/3/2019 Arema vs Barito Putera 3-2 (Piala Presiden)
9/3/2019 Arema vs Persela 0-1 (Piala Presiden)
13/3/2019 Arema vs Persita 6-1 (Piala Presiden)
2/4/2019 Arema vs Kalteng Putra 3-0 (Piala Presiden)

Rekor Tandang Persebaya (Sepanjang 2019):
19/2/2019 Persidago vs Persebaya 1-4 (Piala Indonesia)
2/3/2019 Perseru vs Persebaya 2-3 (Piala Presiden)
7/3/2019 Persib vs Persebaya 2-3 (Piala Presiden)
12/3/2019 Tira Persikabo vs Persebaya 0-0 (Piala Presiden)
6/4/2019 Madura United vs Persebaya 2-3 (Piala Presiden)

Head-to-Head (Empat Pertemuan Terakhir):
9/4/2019 Persebaya vs Arema FC 2-2 (Piala Presiden)
6/10/2018 Arema FC vs Persebaya 1-0 (Liga 1)
6/5/2018 Persebaya vs Arema FC 1-0 (Liga 1)
2/3/2018 Persebaya vs Arema FC 0-2 (Piala Gubernur Kaltim)

Stadion : Kanjuruhan, Kabupaten Malang
Live : Indosiar pukul 19.30 WIB

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03