19 April 2024 - 16:34 16:34

ASTRABI Gelar Kejuaraan Silat Betawi 2019

ASTRABI Gelar Kejuaraan Silat Betawi 2019

WartaPenaNews, Jakarta - Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) menggelar kejuaran Silat Betawi 2019 di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas, 20 – 21 April ini. Event yang diselenggarakan ASTRABI dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta ini diharapkan muncul pesilat terbaik untuk Indonesia.

Pencak Silat merupakan cabang olahraga (cabor) asli Indonesia. Sudah banyak prestasi yang dipersembahkan cabor ini. Termasuk, di Asian Games 2019 dengan keluar sebagai juara umum dengan meraih 14 emas dan satu perunggu.

Untuk itu, segenap elemen Pencak Silat di Tanah Air dan pemerintah berusaha untuk mempertahankan prestasi tersebut melalui ajang ini.

Ketua Umum ASTRABI Anwar Albatawi mengungkapkan bahwa ini merupakan untuk keempat kalinya Kejuaraan Silat Betawi diselenggarakan. Apalagi, ini merupakan salah satu program utama Dispora DKI Jakarta.

Setiap tahunnya, ASTRABI dilibatkan secara penuh untuk lebih meningkatkan kualitas pesilat untuk menjadi modal mengikuti event yang lebih tinggi di tingkat nasional hingga dunia.

“Dari tradisi jadi prestasi. Itu yang ingin kami tegaskan lewat Kejuaraan Silat Betawi 2019 ini. Kami ingin dari event ini bisa melestarikan Pencak Silat sekaligus memajukan prestasi,” kata Anwar kepada media.

“ASTRABI juga memiliki misi, salah satunya mendorong pemerintah agar Jakarta menjadi Galeri Silat Tradisi Internasional,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus mengajak semua pihak untuk mengembangkan beladiri Pencak Silat sebagai warisan budaya Indonesia.

Hal itu memang bisa dipahami mengingat ada sekitar 680 aliran Pencak Silat di Indonesia dengan lebih dari separuhnya lahir di Tanah Betawi. Astrabi memiliki 100 anggota silat Betawi serta 11 perguruan nusantara (non Betawi).

“Kami dari Dispora DKI Jakarta sangat mendukung penyelenggaraan ini. Sebab, Pencak Silat ini merupakan olahraga asli Indonesia. Kita harus sama-sama mengembangkannya,” ucap Achmad. “Kami melihat, event ini sangat positif sekali. Apalagi, banyak anak-anak yang berpartisipasi. Ini bagus untuk masa depan Pencak Silat Indonesia,” tutupnya. (boim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03