20 April 2024 - 05:07 5:07

Austria Larang Penggunaan Hijab

WartaPenaNews, Jakarta – Parlemen Austria telah mengesahkan rancangan undang-undang pelarangan jilbab di Sekolah Dasar, yang diajukan pemerintahan koalisi yang terdiri dari partai kanan tengah VP dan partai ultra kanan FP.

Dilansir dari Guardian, Kamis (16/5), UU yang baru itu tidak menyebut Islam atau kaum muslim secara langsung, namun dalam teksnya menyebutkan melarang “pakaian yang dipengaruhi secara ideologis atau agama yang dikaitkan dengan penutup kepala.”

Pemerintah Austria menjelaskan, penutup kepala Yahudi “yarmulke” atau penutup kepala anak-anak lelalki Sikh “patka” tidak termasuk dalam larangan itu. Karena UU yang baru itu merujuk pada penutup kepala yang “menutupi semua rambut atau sebagian besar dari itu.”

Tidak termasuk dalam larangan itu juga adalah penutup kepala dengan alasan medis atau perlindungan terhadap hujan atau salju.

“Undang-undang baru itu dimaksudkan untuk “membebaskan anak-anak perempuan dari penindasan,” kata Anggota parlemen dari partai VP Rudolf Taschner.

Sedangkan Juru bicara pendidikan dari partai FP, Wendelin Mlzer menerangkan, UU itu dimaksudkan sebagai sinyal tegas “melawan Islam politik” dan mempromosikan integrasi warga muslim.

Mantan menteri pendidikan dari Partai Sosialdemokrat Austria SP, Sonja Hammerschmid, menuduh pemerintah hanya mencari sensasi menjadi berita utama media, ketimbang menyelesaikan masalah integrasi atau pendidikan.

Organisasi komunitas muslim Austria, IGG, mengatakan, akan melakukan langkah hukum menentang UU yang “destruktif” itu, yang “secara eksklusif mendiskriminasi warga muslim.” (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03