20 April 2024 - 04:24 4:24

Bagaimana Seks Bisa Bantu Meringankan Gejala Parkinson?

WartaPenaNews, Jakarta – Penyakit Parkinson adalah gangguan fungsi otak yang mengacaukan koordinasi gerak tubuh. Pengidap Parkinson akan merasa kesulitan untuk mengatur pergerakan tubuh, termasuk saat berjalan, menulis, dan bahkan berbicara. Parkinson termasuk penyakit kronis yang tidak dapat disembuhkan. Penanganan medis yang ada hanya untuk mengurangi keparahan gejalanya. Lantas, benarkah anggapan bahwa seks mampu meringankan gejala Parkinson?
Seks dipercaya meringankan gejala Parkinson

Manfaat seks untuk mengurangi keparahan gejala Parkinson ternyata telah dibuktikan oleh penelitian Picillo dkk yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology.

Picillo dkk mengamati 355 penderita Parkinson stadium awal yang berusia lebih dari 57 tahun. Subyek penelitian diminta untuk melakukan tes kemampuan motorik dan skrining kesehatan mental.

Setelah selesai, mereka diwawancarai terkait kondisi kesehatan secara menyeluruh dan riwayat aktivitas seks dalam setahun terakhir.

Hasilnya disimpulkan bahwa gejala pada pria penderita Parkinson tahap awal yang aktif berhubungan seks tidak berkembang semakin parah. Bahkan, pria-pria tersebut juga tidak kehilangan keterampilan motoriknya.

Sayangnya, hasil penelitian hanya berlaku untuk penderita Parkinson yang berjenis kelamin pria.
Kenapa bisa begitu?

Peneliti belum tahu pasti alasan kenapa hanya pria yang dapat merasakan manfaat ini sehingga hasil penelitian belum dapat dijadikan acuan.

Meski begitu, dr. Adolfo Ramirez-Zamora, seorang profesor neurologi dan pakar dari Parkinson’s Foundation menyebutkan hasil penelitian tersebut sejalan dengan teori yang telah lama dipercaya.

Teori yang dimaksud menyatakan peningkatan fungsi seksual mampu meningkatkan kesenangan, komunikasi, dan kepuasan pasangan sehingga berdampak positif pada keintiman hubungan.

Pada akhirnya, peningkatan fungsi seks diharapkan berpotensi menurunkan stres hingga mengurangi gejala penyakit Parkinson.
Tapi, obat Parkinson bisa sebabkan kecanduan seks

Meski sudah dibuktikan melalui penelitian, manfaat aktivitas seks terhadap berkurangnya gejala parkinson perlu diteliti lebih lanjut.

Terlebih tanpa disadari, penggunaan obat Parkinson, khususnya pramipexole (Mirapex) dan ropinirole (Requip), dapat memicu kecanduan seks. Kenapa?

Obat Parkinson tersebut membantu mengaktifkan reseptor otak yang menghasilkan dopamin. Dopamin adalah senyawa kimia yang bertugas untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh, termasuk rangsangan seksual. Di sisi lain, dopamin juga bertanggung jawab memicu perilaku yang bersifat adiktif dan kompulsif.

Risiko kecanduan seks yang timbul sebagai efek samping obat Parkinson telah diteliti oleh Dr. Daniel Weintraud dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Hasilnya, sekitar 13,6 persen penderita Parkinson yang menggunakan obat ini terlihat mengalami gangguan kontrol impulsif.

Gangguan tersebut meliputi keinginan belanja yang tidak terkendali (5,7 persen), kecanduan berjudi (5 persen), binge eating (4,3 persen), dan kecanduan seks (3,5 persen).

Maka, Anda sebaiknya tetap rutin kontrol ke dokter jika sedang diresepkan obat untuk mengatasi gejala Parkinson. Laporkan ke dokter jika Anda merasakan perubahan yang tidak biasa, baik pada tubuh maupun pikiran.

Dengan begitu, dokter dapat memutuskan apakah harus menurunkan dosis atau mengganti obatnya agar Anda terhindari dari risiko efek samping yang mungkin malah makin merugikan kesehatan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03