29 March 2024 - 09:36 9:36

Bali’s Big Eco Forum Gerakan Kemitraan Aksi Plastik Nasional dan Indonesia Bersih

WartaPenaNews, Jakarta – Plastik merupakan bahan serbaguna yang biasa dipakai pada hampir semua jenis kemasan. Namun, penggunaan plastik meninggalkan masalah besar lantaran sampahnya mencemari lingkungan.

Data World Bank menunjukkan, sampah plastik yang dihasilkan per tahun kemungkinan bertambah dari 1,3 miliar ton menjadi 2,2 miliar ton pada tahun 2025 jika tidak dikelola dengan benar.

Untuk itu, sejumlah pihak termasuk termasuk akademisi, lembaga swadaya masyarakat, komunitas dan industri memberikan beberapa rekomendasi kepada pemerintah terkait pengelolaan sampah di dalam negeri dalam Bali’s Big Eco Forum dengan tema “Sustainability for Wonderful Indonesia”.

Forum yang diselenggarakan oleh Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) ini bertujuan untuk mengembangkan solusi pengolahan sampah yang komprehensif dan berkelanjutan.

Bapak Safri Burhanuddin, DEA di dalam kata sambutannya, menjelaskan bahwa salah satu dari prioritas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman adalah untuk meningkatkan kegiatan dan kerja sama “Gerakan Indonesia Bersih” yang bertujuan untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menciptakan persepsi yang sama dalam pengelolaan sampah agar dapat memberikan dampah perubahan signifikan terhadap pola pikir masyarakat.

Lebih lanjut, beliau juga mengungkapkan apresiasinya untuk Coca-Cola Amatil Indonesia yang telah mendukung upaya pemerintah dalam membangun solusi pengolahan sampah yang berkelanjutan, melalui pengadaan forum “Sustainability for Wonderful Indonesia”, kegiatan bersih-bersih dan kolaborasi Bali Beach Clean Up yang telah dijalankan lebih dari 10 tahun, “Semoga dengan kegiatan forum seperti ini dan program Bali Beach Clean Up, Coca-Cola Amatil Indonesia dapat mendorong pemangku kepentingan lainnya untuk berkontribusi secara optimal dalam mengadakan kegiatan bersih-bersih secara rutin dan solusi pengolahan sampah di Indonesia.”

Forum “Sustainability for Wonderful Indonesia” merupakan bagian dari rangkaian Bali’s Big Eco Weekend 2019, festival tahunan di mana Coca-Cola Amatil Indonesia menceritakan kemajuan program Bali Beach Clean Up.

“Komitmen kami dalam menciptakan kontribusi yang positif dan signifikan di lingkungan tempat kita tinggal semakin kuat,” jelas Bapak Kadir Gunduz dalam pidatonya di puncak acara Festival Bali’s Big Eco Weekend 2019, “Bali Beach Clean Up merupakan salah satu program yang selalu ditonjolkan dalam laporan sustainability Coca-Cola Amatil tiap tahunnya. (boim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03