29 March 2024 - 14:18 14:18

Bandara Soetta Luncurkan Pos Komando Bergerak untuk Meningkatkan Keamanan

WartaPenaNews, Jakarta – Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengeluarkan mobile commando post (MCP) atau pos komando bergerak. MCP ini merupakan kendaraan teristimewa yang memiliki fungsi sebagai pusat penanggulangan genting bergerak terintegrasi.

MCP ini lantas sebagai standar Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK). Sesuai ketentuan perhubungan, lapangan terbang dengan category PKP-PK 7 sampai 10 kudu memiliki layanan pos komando bergerak.

“Mobil ini diwajibkan datang di Lapangan terbang Soekarno-Hatta, karena saat ini Lapangan terbang Soetta sudah mencapai category PKP-PK ke 9. Serta sampai kini baru satu unit, kemungkinan akan bertambah,” kata Senior Eksekutif Of Branch Communication and Legal Lapangan terbang Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Senin (18/11/2019).

Kendaraan ini kerja sebagai pusat distribusi informasi, komando, komunikasi dan sinkronisasi saat terjadi keadaan genting di lapangan, seperti kejadian atau kecelakaan pesawat. MCP pun telah sesuai dengan standar kebijakan International Civil Aviation Organization (ICAO), dan kebijakan National Aviation.

“Mobile command post ini kerja seperti crisis centre yang bisa memiliki fungsi sebagai pusat komando, komunikasi dan sinkronisasi terintegrasi apabila terjadi keadaan genting di lapangan seperti kecelakaan pesawat,” katanya.

Nanti, saat dalam sebuah situasi memaksa MCP untuk dikerahkan jadi perwakilan dari faksi terkait akan kumpul di MCP. “Saat dalam situasi genting jadi perwakilan dari komandan kecelakaan penerbangan, pemadam kebakaran, komando satuan keamanan, koordinator kesehatan, koordinator transportasi dan kepala forensik akan kumpul untuk stand by di MCP,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03