29 March 2024 - 16:47 16:47

Baru 2 Hari Jadi Menteri, Erick Thohir Dilaporkan ke Polisi

Jakarta, WartaPenaNews.com – Kabar tak sedap menimpa dari salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru saja dilantik 2 hari lalu, Rabu (23/10). Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dilaporkan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI) Oegroseno ke Polda Metro Jaya.

Selain Erick, Oegroseno juga melaporkan Plt Sekjen KOI yakni Hellen Sarita de Lima.

Pada laporannya Oegroseno menyebut Erick selaku Ketua KOI mencoret cabang tenis meja dari Sea Games ke-30 di Filipina. Padahal, pihaknya telah menyiapkan empat atlet putra dan empat atlet putri ke ajang Sea Games. Akibatnya, kata dia, PTMSI mengalami kerugian sekitar Rp15 miliar.

Tak hanya itu, dikatakan Oegroseno pihaknya juga telah membuat target perolehan medali sejak Maret 2019 lalu.

“Keputusan KOI merupakan konspirasi jahat yang disutradarai oleh mantan Plt Sekjen KOI Hellen Sarita de Lima dengan beberapa oknum komite eksekutif KOI,” tutur Oegroseno dalam keterangannya, Jumat (25/10/2019).

Oegroseno menyebut pencoretan cabang tenis meja dari Sea Games telah mengakibatkan kerugian anggaran yang telah dikeluarkan oleh PTMSI.

Apalagi, lanjutnya atlet timnas tenis meja juga telah bertanding melawan para atlet dari delapan negara di tingkat Asia. Selain itu, timnas tenis meja juga telah mengikuti babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 serta siap menghadapi kejuaraan Internasional di Batam.

“Pembatalan keberangkatan timnas tenis meja ke Filipina oleh KOI pimpinan Erick Thohir juga meninggalkan rekam jejak tindak pidana membuat keterangan palsu,” ucap Oegroseno.

Laporan yang diterima oleh polisi dengan nomor LP/6408/X/2019/PMJ/Dit.Reskrimum tanggal 6 Oktober 2019 menyebutkan bahwa Erick Thohir dan Hellen Sarita de Lima diduga telah memasukkan keterangan palsu ke dalam akta otentik dan atau pemalsuan Pasal 266 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP.

Terkait laporan itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono masih enggan berkomentar. Ia hanya menyebut akan mengecek laporan itu lebih dulu. “Coba dicek ya,” kata Argo saat dikonfirmasi.

Salah Alamat
Sementara Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019 Harry Warganegara mengatakan, laporan Oegroseno salah alamat. Dia menyatakan kasus terkait PTMSI dan SEA Games tidak seharusnya dibawa ke ranah Kepolisian karena sudah ada mekanisme lain di ranah keolahragaan.

“Urusan olahraga itu ada di BAKI (Badan Arbitrase Keolahragaan Indonesia). Tidak ada urusannya dengan kepolisian. Tapi kalau mau dilaporkan silakan,” ujar Harry seperti dikutip dari laman CNNIndonesia.com, Jumat (25/10).

Harry membeberkan hingga kini kepengurusan PTMSI masih mengalami perpecahan sejak 2016. Perpecahan tersebut hingga terbagi menjadi tiga kubu yaitu Oegroseno, Lukman Eddy, dan Peter Layardilay.

Harry menjelaskan bahwa sebelumnya sudah ada kesepakatan antara KONI, KOI dan Kemenpora serta dua kepengurusan PTMSI untuk menyelesaikan permasalahan mereka. “Tapi sampai saat ini belum selesai juga. Dengan demikian, KOI punya hak untuk menskors kepengurusan PTMSI,” ucap Harry.

Terkait ini, Oegroseno pun menegaskan bahwa dualisme kepengurusan PTMSI telah selesai dengan keluarnya putusan Mahkamah Agung Nomor 274K/TUN/2015 yang sudah berkekuatan hukum tetap. Pada putusan MA itu memerintahka KONI segera mengukuhkan kepengurusan PP PTMSI yang dipimpinnya.

“Pengingkaran terhadap keputusan Mahkamah Agung RI yang diabaikan oleh para Petinggi KOI pimpinan Erick Thohir dengan mencoret cabang olahraga tenis meja dari Sea Games,” pungkas Oegroseno. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03