28 March 2024 - 23:23 23:23

Beberapa Jalan ini Direncanakan Berbayar

WartaPenaNews, Jakarta – Kemacetan tidak cuma terjadi di jalanan Jakarta, tetapi di berbagai jalan penghubung dari wilayah sekitarnya. Lihat keadaan ini, Pemerintah terus cari cara untuk mengurangi kepadatan jalan itu, diantaranya dengan rencana aplikasi Electronic Road Pricing (ERP).

Gagasan untuk mengaplikasikan jalan berbayar, awalnya akan diaplikasikan di berjalan-jalan protokol di DKI Jakarta, Harapannya supaya bisa mengurai kemacetan yang sering terjadi, dan gantikan kebijakan ganjil genap yang saat ini sudah diaplikasikan.

Diluar itu, akan diaplikasikan di jalan nasional di wilayah tepian Jabodetabek pada 2020, contohnya di jalan Margonda yang jadi penghubung DKI Jakarta dengan Depok, lalu Kalimalang sebagai penghubung Bekasi, dan Daan Mogot yang jadi akses utama masyarakat Tangerang ke ibu kota.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono mengatakan, ide ERP nanti akan dibagi jadi tiga wilayah, yaitu di jalan Sudirman-Thamrin, lalu di ruas jalan yang saat ini menggunakan ganjil-genap, dan berlaku di jalan nasional tepian Jakarta.

“Mengapa BPTJ akan aplikasikan tahun depan, karena regulasinya demikian, ERP dapat diaplikasikan pemerintah pusat cuma di jalan nasional, bekasnya peraturan jalan provinsi berada di pemprov dan jalan kabupaten di Pemkabnya,” katanya seperti dilansir dari VIVAnews, Sabtu 16 November 2019.

Untuk bentuk aplikasinya, kata Ia, faksinya masih harus menanti dibuatkan peraturan. Karena, saat ini peraturan yang ada cuma berpedoman peraturan untuk retribusi buat penghasilan wilayah, sedangkan jalan nasional belum ada. Kerangka kebijakan itu bukan berbentuk retribusi, tetapi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Untuk kebijakan ini kita akan pararel dengan rencana pembiayaan dan pengadaannya yang akan dilakukan akhir tahun ini. Serta pada tahun depan sudah dapat diaplikasikan,” kata Bambang. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03