29 March 2024 - 08:38 8:38

Beragam Perubahan Bentuk Payudara Ketika Wanita Mulai Menua

WartaPenaNews, Jakarta – Katanya payudara wanita akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Ada yang bilang kalau sudah tua nanti, payudara akan lebih kendur dan menyusut. Namun, apakah hal ini benar? Seberapa besar perubahan payudara wanita saat sudah mulai tua?

Perubahan bentuk dan ukuran payudara wanita saat menua

Saat menua, payudara wanita akan mengalami perubahan. Biasanya, yang terjadi pada payudara wanita saat menua adalah hilangnya lemak payudara, jaringan, hingga kelenjar susu. Perubahan ini biasanya terjadi akibat berkurangnya hormon estrogen setelah wanita mengalami menopause.

Selain itu, karena jumlah estrogen yang semakin sedikit, kulit menjadi semakin elastis dan mengalami dehidrasi. Akhirnya, jaringan pada kelenjar payudara akan menyusut, membuat payudara mengecil dan kendur.

Ketika itu terjadi, bentuk puting payudara juga akan berubah. Stretch marks pun juga turut muncul di kulit sekitar payudara.

Perubahan-perubahan yang telah disebutkan adalah hal yang normal terjadi, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengalami perubahan payudara saat mulai menua. Tetapi, ada juga perubahan yang tidak normal terjadi yang sebaiknya Anda waspadai.

Perubahan yang tidak normal pada payudara saat menua

Payudara wanita memang normalnya akan mengalami perubahan saat menua, tetapi beberapa perubahan tidak normal terjadi. Perubahan bentuk payudara yang tidak normal termasuk:

Payudara berwarna kemerahan
Kulit di area payudara menebal
Keluar cairan dari puting susu
Payudara terasa nyeri
Benjolan yang keras pada payudara
Payudara yang satu terlihat sangat berbeda dengan payudara lainnya

Jika Anda mengalami perubahan tidak normal yang disebutkan di atas, segera hubungi dokter.
Meningkatnya risiko penyakit payudara saat menua

Tidak hanya bentuk dan ukuran payudara, perubahan yang terjadi saat menua juga berkaitan dengan berbagai penyakit payudara yang bisa dialami oleh setiap wanita.

Saat seorang wanita menua, pembentukan benjolan pada area payudara akan lebih besar. Benjolan ini bisa berupa kista, tumor, fibroid dan masih banyak lagi. Biasanya, benjolan ini memang tidak berbahaya dan dimiliki oleh hampir semua wanita. Tetapi, untuk mengetahui apakah benjolan itu berbahaya atau tidak, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

Benjolan yang muncul pada payudara wanita yang mengalami perubahan saat menua bisa berupa kondisi berikut ini.

Kista. Biasanya, kista berbentuk bulat dengan benjolan lembut. Benjolan kista biasanya berisi cairan. Tetapi, ada juga kista yang mengandung zat cair dan zat padat secara bersamaan.
Fibroid. Benjolan fibroid biasanya tidak berbahaya. Umumnya, benjolan ini berisi jaringan ikat fibrosa.
Ductal atau Lobular Hyperplasia, yaitu benjolan yang muncul saat sel-sel yang melapisi kelenjar susu tumbuh secara berlebihan.
Intraductal papillomas, yaitu salah satu tumor jinak yang muncul di dalam kelenjar susu. Biasanya, kondisi ini membuat puting susu mengeluarkan darah.
Adenosis, yaitu benjolan yang muncul akibat adanya pembesaran pada kelenjar susu.

Selain benjolan pada payudara, perubahan saat menua juga bisa terjadi dengan meningkatnya risiko kanker payudara. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), wanita dengan usia lebih dari 50 tahun lebih rentan mengalami kanker payudara dibanding wanita dengan usia yang lebih muda. Gejala dari penyakit ini bisa berupa pembengkakan pada payudara, kulit di area payudara berwarna kemerahan, keluarnya cairan dari puting susu.
Cara mencegah agar payudara tak berubah drastis

Meski tidak bisa dihindari, Anda setidaknya bisa mencegah perubahan drastis pada payudara saat menua. Dengan begitu, perubahan yang terjadi tidak akan terlalu cepat dan drastis. Tentu saja, pencegahan ini sebaiknya dilakukan sejak dini.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan bra yang dapat membantu mengencangkan payudara, lalu berolahraga secara rutin. Di samping itu, makan makanan sehat dengan nutrisi seimbang juga dapat membantu Anda menghindari perubahan drastis pada payudara saat menua nanti.

Mengatur berat badan tubuh agar tetap terjaga, menggunakan tabir surya saat keluar rumah, dan berhenti merokok juga termasuk hal-hal yang dapat membantu Anda mencegah perubahan yang berlebih pada payudara.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03