29 March 2024 - 13:39 13:39

Bisa untuk Diet, Ini Manfaat Lain dari Jeruk Nipis

WartaPenaNews, Jakarta – Di balik rasa yang asam, jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi yang ingin diet, mereka percaya bahwa asam jeruk nipis bisa menghancurkan lemak.

Cara mengonsumsinya juga beragam. Salah satunya dengan perasan air jeruk nipis hangat. Sementara sebagian orang percaya air perasan jeruk nipis dicampur kecap bisa menyembuhkan penyakit batuk.

Terkenal karena cadangan asam askorbatnya, jeruk nipis menyediakan 32 persen asupan vitamin C. Jeruk nipis memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi seperti kalsium, zat besi, tembaga, natrium, magnesium, fosfor, dan kalium serta vitamin seperti folat, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, kulit jeruk nipis juga kaya akan serat makanan, antioksidan, flavonol glikosida seperti kaempferol. Serta beragam phytochemical seperti polifenol, limonene, dan terpena.

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Jeruk nipis memecah makromolekul makanan, flavonoidnya merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi pencernaan, empedu, dan asam. Jeruk nipis juga merangsang gerakan peristaltik. Jumlah asam yang cukup dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskresi. Serat pada jeruk nipis juga membantu meringankan sembelit. Cobalah minum segelas air jeruk nipis hangat sekitar 30 menit sebelum makan sehingga membantu mencegah gejala mulas atau refluks asam.

2. Menurunkan berat badan
Minyak atsiri yang terkandung dalam jeruk nipis dapat mengurangi berat badan bila rutin dikonsumsi. Selain itu, asam sitrat yang ada di dalamnya adalah pembakar lemak yang sangat baik. Segelas air hangat dengan sari jeruk nipis merupakan peredam berat badan yang sangat baik. Anda dapat mengonsumsi dua gelas air hangat dengan perasan jeruk nipis sehari dan hasil luar biasa akan terasa dalam seminggu.

3. Mengelola gula darah
Tingginya kadar serat larut yang ditemukan dalam jeruk nipis membuatnya menjadi pendukung diet yang ideal untuk mengatur penyerapan gula tubuh ke dalam aliran darah. Hal itu mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa. Cobalah minum rutin dengan jeruk nipis hangat namun tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

4. Mencegah penyakit jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Kedokteran di Harvard Medical School, Dr. Frank Hu, menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. Selain itu, serat larut dan limonin yang ditemukan di dalam jeruk nipis menurunkan tekanan darah.

Bisa membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga mencegah penyakit jantung. Juga, kalium dan magnesium dalam jeruk nipis meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin C dalam jeruk nipis menurunkan risiko stroke iskemik, terutama bagi wanita. Kemudian juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL dalam tubuh.

5. Mencegah kanker
Sebuah penelitian pada 2016 tentang aktivitas antikanker dari jeruk nipis menunjukkan bahwa berguna untuk terapi kanker. Ini karena jeruk nipis membersihkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Fitokimia dikemas antioksidan seperti flavonoid, flavon, triterpenoid, dan limonoid dalam jeruk nipis memiliki sifat melawan kanker seperti usus besar, payudara, prostat, pankreas, perut, paru-paru, ginjal, dan kanker darah. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03