23 April 2024 - 20:26 20:26

Bolehkah Menggosok Gigi ketika Berpuasa?

WartaPenaNews, Jakarta - Masih banyak diantara kalian yang bertanya, apa mengosok gigi ketika berpuasa bisa menyebabkan puasa batal atau tidak?

Mengenai menyikat gigi, karena lupa setelah sahur belum sikat gigi atau karena merasa bau mulut tidak enak, seseorang tidak jarang akan menyikat gigi selama berpuasa.

Namun bagaimana dengan hal ini, apakah diperbolehkan?

Menurut Imam Nawawi dalam Majmu, syarah al-Muhadzdzab menjelaskan,

“Jika ada orang yang memakai siwak basah, kemudian airnya pisah dari siwak yang ia gunakan, atau cabang-cabang (bulu-bulu) kayunya itu lepas kemudian tertelan, maka puasanya batal tanpa ada perbedaan pendapat ulama.”

“Demikian dijelaskan oleh al-Faurani dan lainnya. (Abi Zakriya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu’, Maktabah al-Irsyad, Jeddah, juz 6, halaman 343).”

Maka dari itu, penjelasan di atas sudah membuktikan jika sebenarnya menyikat gigi atau memakai siwak yang menyebabkan bulu sikat, bulu siwak.

Air bahkan pasta gigi tertelan baik secara disengaja maupun tidak, itu akan membatalkan puasa.

Namun lain hal nya ketika sikat gigi air dan pasta gigi hanya sebatas di mulut kemudian diludahkan, ini tidak apa-apa.

Kini kalian sudah paham kan? Jangan sampai lupa lagi ya? (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03