29 March 2024 - 20:23 20:23

Bolehkah Penderita Lambung Konsumsi Cokelat?

WartaPenaNews, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Cemilan yang memiliki rasa manis ini digandrungi hampir banyak orang karena dapat membuat sensasi bahagia setelah mengonsumsinya. Tetapi, ada asumsi yang mengatakan mereka yang menderita maag atau masalah asam lambung seharusnya menghindari cokelat. Apa asumsi ini memang benar?

Dampak makan cokelat buat kesehatan lambung

Ahli kesehatan mengatakan cokelat memang dapat memberikan efek buat kegunaan dan situasi lambung. Ditambah lagi jika kita memiliki histori msalah asam lambung sebelumnya.

Cokelat bisa membuat otot sfingter esophagus jadi lemas.

Beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan seperti masalah GERD atau refluks asam lambung memang seharusnya menghindari cokelat. Soal ini dikarenakan oleh kapabilitas cokelat dalam membuat masalah kesehatan ini kumat.

Wajarnya, di sisi bawah kerongkongan ada otot atau katup sfingter esophagus yang dapat meredam asam lambung biar tidak hingga sampai naik ke sisi atas. Sayangnya, kandungan di cokelat dapat membuat katup ini melemas dan akhirnya lebih mudah dibuka oleh asam lambung. Asam lambung lantas akhirnya naik sampai ke kerongkongan dan menyebabkan gejala yang kita kerap ucapkan sebagai maag ini.

Tidak cuman cokelat, ahli kesehatan mengatakan ada banyak jenis makanan atau minuman lain yang dapat menyebabkan efek melemasnya otot sfingter esophagus seperti buah-buahan dari keluarga jeruk, utamanya jeruk lemon dan jeruk nipis yang sangatlah asam, keluarga bawang, tomat, minuman dengan kandungan cafein tinggi seperti kopi, minuman terkandung alkohol, minuman bersoda, dan kebiasaan merokok.

Cokelat tinggi kandungan lemak

Cokelat sebenarnya termasuk dalam cemilan yang sehat, akan tetapi ada beberapa jenis cokelat yang memiliki kandungan lemak cukuplah tinggi. Persoalannya yakni keberadaan lemak ini dapat menaikkan resiko kekambuhan gejala kenaikan asam lambung.

Lemak dapat membuat pencernaan berjalan dengan kian lebih lamban. Soal ini membuat proses pengosongan lambung ikut juga melambat. Lambung lantas terus memproduksi asam hingga banyak jadi berlebihan. Ditambah lagi dengan kapabilitas otot sfingter esophagus yang melemah, asam lambung lantas akhirnya naik sampai ke sisi kerongkongan.

Ahli kesehatan mengatakan cokelat susu atau milk chocolate memiliki kandungan lemak yang jauh tambah tinggi dibandingkan dengan cokelat hitam. Tetapi, kandungan cafein di cokelat hitam jauh tambah tinggi hingga dapat menyebabkan efek kenaikan asam lambung. Soal ini bermakna, cokelat hitam belum pasti dapat dikonsumsi asal-asalan oleh pasien masalah asam lambung.

Tips memilih cokelat

Sesungguhnya, pasien maag atau masalah asam lambung diperintah untuk bertanya ke dokter terlebih dulu jika pingin makan cokelat. Apabila mereka dibolehkan untuk memakannya, seharusnya batasi konsumsinya atau lebih jeli dalam menentukan cokelat biar tidak memberikan efek kesehatan.

Jadi contoh, kita lebih dianjurkan untuk mengonsumsi cokelat hitam karena kandungan kakao dan antioksidannya biasanya semakin banyak. Tetapi, karena ada kandungan cafein yang tinggi, kita seharusnya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Tidak hanya itu, kita tidak dianjurkan mengonsumsi milk chocolate atau white chocolate karena biasanya sudah memiliki penambahan gula dan susu dalam jumlahnya yang cukuplah tinggi.

Apabila kita pingin mengonsumsi cokelat bubuk, yakinkan jika cokelat ini diproses dengan proses dutch yang membuat tidak memiliki karakter asam yang tinggi. Beberapa ciri dari cokelat bubuk ini yakni warnanya yang lebih gelap.

Ahli kesehatan memberi saran kita untuk mengonsumsi cokelat tidak terlalu dekat sama jam tidur. Tidak hanya itu, yakinkan jika mengonsumsi cokelat dibatasi biar tidak melampaui satu ons dalam sehari.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03