29 March 2024 - 16:02 16:02

Cara Menghilangkan Jerawat di Vagina

WartaPenaNews, Jakarta – Umumnya, jerawat di vagina muncul karena infeksi bakteri, meskipun ada beberapa penyebab lain. Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, beberapa orang mungkin saja akan mengalami jerawat di vagina yang berulang. Untungnya, Anda bisa mengandalkan cara medis untuk menghilangkan jerawat di vagina dengan lebih efektif.

Tips menghilangkan jerawat di vagina secara medis

Sebelum menggunakan obat apa pun, langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab munculnya jerawat sehingga dokter dapat memberikan obat yang tepat.

Penanganan medis terhadap jerawat melibatkan obat-obatan sebagai berikut:

1. Benzoyl peroxide

salep obat bisul

Benzoyl peroxide bekerja dengan cara membunuh bakteri pada permukaan kulit dan membersihkan sumbatan pada pori-pori. Senyawa antimikroba ini tersedia dalam bentuk losion, krim, gel, sabun pembersih, dan larutan menyerupai toner.

Membersihkan kulit dengan benzoyl peroxide adalah salah satu cara andalan untuk menghilangkan jerawat di vagina. Namun, Anda harus perlu lebih sering memakai pelembap karena pemakaian pada 1-2 minggu pertama bisa membuat kulit kering dan mengelupas.

2. Antihistamin

Antihistamin digunakan untuk mengatasi jerawat pada vagina akibat dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah reaksi kulit karena akibat paparan zat yang menimbulkan iritasi (iritan menyentuh kulit).

Zat-zat ini bisa berasal dari pakaian, produk pembersih, pembalut, dan sebagainya.

Obat antihistamin umumnya berbentuk salep yang dioleskan secara langsung pada permukaan kulit yang berjerawat. Jika reaksi pada kulit Anda terbilang parah, dokter juga dapat menyarankan penggunaan antihistamin yang diminum langsung.

3. Antibiotik

salep antibiotik
Sumber: Health Tap

Penggunaan antibiotik biasanya diberikan dokter untuk mengatasi jerawat yang pecah atau telah berkembang menjadi bisul bernanah. Obat yang digunakan biasanya berbentuk salep dan merupakan kombinasi dari neomycin, bacitracin, dan polymyxin B.

Cara ini tidak hanya akan menghilangkan jerawat di vagina, tapi juga mencegah pembentukan jerawat baru.

Pasalnya, antibiotik bekerja dengan melindungi kulit Anda dari infeksi akibat jerawat yang pecah selagi proses penyembuhan berlangsung.

4. Terapi medis

Terapi medis sesuai untuk mengatasi jerawat di vagina yang disebabkan oleh infeksi bakteri M. contagiosum. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintil halus berwarna putih hingga kemerahan. Saat diraba, bagian tengah jerawat terasa licin seperti lilin.

Beberapa terapi yang cukup efektif mengatasi kondisi ini antara lain:

  • Cryotherapy: Bintil jerawat dibekukan dengan nitrogen cair. Jerawat yang telah membeku akan hilang dengan sendirinya.
  • Terapi laser: Sinar laser ditembakkan pada bintil-bintil jerawat agar jaringannya hancur.
  • Terapi topikal: Dokter mengoleskan krim mengandung asam atau senyawa kimia pada bintil jerawat untuk memicu pengelupasan.
  • Kuret: Bintil jerawat dikikis menggunakan alat khusus hingga terlepas.

5. Hidrokortison

asam fusidat fucidic acip salep luka kulit terbuka

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di vagina adalah dengan mengoleskan krim hidrokortison. Hidrokortison bekerja dengan cara meredakan peradangan, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Hidrokortison memang tidak membunuh bakteri penyebab jerawat. Itu sebabnya, hidrokortison biasanya digunakan bersama dengan antibiotik dan benzoyl peroxide yang dapat membasmi bakteri.

Sebagian besar jerawat yang muncul di vagina akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Akan tetapi, Anda pun bisa menunjang penyembuhan dengan menggunakan obat-obatan tertentu.

Selain menggunakan obat, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang memicu timbulnya jerawat. Misalnya memencet jerawat, mengenakan pakaian yang terlalu ketat, dan menggunakan produk pembersih yang mengandung banyak parfum. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03