29 March 2024 - 03:12 3:12

Cover Tempo Bergambar “Pinokio” Bentuk Kritik Rakyat Terhadap Pimpinannya

WartaPenaNews, Jakarta – Anggota Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Anton Tabah Digdoyo menilai gambar Presiden Joko Widodo seperti yang terdapat di cover depan Majalah Tempo edisi 16-22 September 2019 masih wajar dari segi etika jurnalistik. Apalagi laporan berita Tempo soal revisi UU KPK didukung fakta dan data yang kuat.

“Tupoksi media memang kontrol sosial secara luas pada terhadap penguasa dan wajib dikontrol karena kekuasaan sering cenderung mudah nyimpang (Dalil Lord Acton yang mashur),” kata Anton ketika dihubungi redaksi, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, gambar bayangan hidung tokoh kartun Pinokio masih lebih sopan dibandingkan apa yang pernah dilakukan oleh massa yang memprotes Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan membawa kerbau dan perutnya ditulisi SBY.

Anton menilai secara filosofis simbol kerbau itu menyindir SBY selaku Prediden RI kala itu. “Ini bisa diartikan bodo plonga plongo koyo kebo. SBY dan pendukungnya cuma senyum karena mereka telah matang dalam berdemokrasi,” ujar dia.

Menurutnya, Presiden adalah pelayan rakyat, sehingga rakyat berhak mengkritik dengan cara apa pun atas kinerja pelayannya. Kata dia, yang dilarang adalah melukai atau mencelakakan secara fisik.

“Seluruh negara yang mengklaim berdemokrasi pasal pidana penghinaan pada presiden dan atau wakil presiden sudah dihapus. Indonesia yang mengaku negara demokrasi juga sudah menghapus pasal tersebut oleh MK sejak tahun 2006. Jika benar pasal itu akan dihidupkan lagi, anggota DPR masih harus belajar berdemokrasi secara benar,” pungkas mantan Jendral Polisi ini. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03