Daftar Pemain Termahal Man City Usai Bergabungnya Rodri

32
Pemain anyar Manchester City, Rodrigo Hernandez Cascante. Foto: Twitter

WartaPenaNews, Jakarta – Manchester City telah memecahkan rekor transfer mereka untuk ketujuh kalinya sejak pengambilalihan kepemilikan klub oleh Sheikh Mansour dengan penandatanganan Rodrigo Hernandez Cascante.

The Citizens memperkuat lini tengah mereka dengan menjadikan Rodri sebagai perekrutan anyar termahalnya.

Rodri resmi bergabung dengan juara Liga Inggris 2018/2019 dari Atletico Madrid setelah klausul rilisnya sebesar 62,6 juta pound sterling (Rp1,11 triliun) disepakati City. Gelandang muda Spanyol itu bergabung City dengan kesepakatan kontrak lima tahun.

Sebelumnya, Riyad Mahrez menjadi penandatanganan rekor mahal Manchester City pada Juli 2018  dengan banderol 60 juta pound sterling atau setara Rp1,1 triliun dari Leicester City.

Dengan kedatangan Rodri ke Manchester, maka City untuk ketujuh kalinya melakukan belanja pemain termahal sejak pengambilalihan oleh pengusaha sekaligus anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi itu pada 2008.

Berikut rekor transfer termahal yang pernah dilakukan Manchester City.

Robinho – 32,5 juta pound sterling (Rp563 miliar) dari Real Madrid, September 2008

Kedatangan Robinho ke Stadion Etihad pada 2 September 2008 lalu membuat harga transfer di sepak bola kini menggila.

Robinho merupakan pemain pertama yang dibeli menggunakan uang tak terbatas milik investor The Citizens, yang juga pemilik Abu Dhabi United Group, Sheikh Mansour.

Pemain asal Brasil tersebut dibanderol City dengan harga 32,5 juta pound sterling atau setara Rp563 miliar dari Real Madrid yang membuatnya sebagai pemain termahal di Liga Premier kala itu.

Sergio Aguero – 38 juta pound sterling (Rp526 miliar) dari Atletico Madrid, Juli 2011

Setelah memboyong Robinho dengan harga fantastis, Mancheseter City kembali melakukan transfer gila-gilaan dengan merekrut Sergio Aguero.

Aguero didatangkan City dari Atletico Madrid dengan harga 38 juta pound sterling atau setara Rp526 miliar pada 28 Juli 2011.

Kedatangan striker asal Argentina itu ke Stadion Etihad merupakan salah satu rekrutan terbaik City. Aguero saat ini sudah mengemas 231 gol dalam 388 penampilan bersama Manchester City di semua kompetisi.

Raheem Sterling – 49 juta pound sterling (Rp1 triliun) dari Liverpool, Juli 2015

Banyak kontroversi seputar kepindahan Raheem Sterling dari Liverpool ke City. Sebutan sebagai pemain Inggris paling mahal dalam sejarah tampaknya sangat membebani pemain sayap itu.

Namun, pemain berusia 24 tahun ini telah berkembang di bawah asuhan Pep Guardiola. Kini, Sterling menjadi andalan lini serang City bersama Aguero.

Untuk diketahui, Sterling direkrut City dari Stadion Anfield pada 13 Juli 2015 dengan nilai transfer yang mencapai 49 juta pound sterling atau setara Rp1 triliun.

Kevin De Bruyne – 55 juta pound sterling (Rp1,18 triliun) dari Wolfsburg, Agustus 2015

De Bruyne memastikan transfer Sterling sebagai rekor perekrutan mahal City berusia singkat. Dia juga langsung memenuhi reputasinya sebagai gelandang pencetak gol yang baru.

City resmi menggaet gelandang tim nasional Belgia, Kevin de Bruyne, dari Wolfsburg dengan nilai transfer sebesar 55 juta pound sterling atau Rp1,18 triliun.

Bersama The Citizens, dia sudah meraih dua gelar trofi Liga Premier yakni di musim 2017-2018 dan 2018-2019.

Aymeric Laporte – 57 juta pound sterling (Rp1,06 triliun) dari Athletic Bilbao, Januari 2018

Aymeric Laporte menjadi perekerutan bek termahal City dalam sejarah klub mereka. Dia diboyong dari Athletic Bilbao dengan harga 57 juta pound sterling  atau setara Rp 1,06 triliun.

Nominal itu juga membuat Laporte sebagai bek termahal kedua di dunia, setelah bek Liverpool, Virgil van Dijk (75 juta pound sterling).

Kehadiran pemain berusia 25 tahun itu telah memantapkan dirinya sebagai bagian penting dari pertahanan City setelah kepergian ikon klub Vincent Kompany.

Riyad Mahrez – 60 juta pound sterling (Rp1,1 triliun) dari Leicester City, Juli 2018

Mahrez sebenarnya hampir menandatangi kontrak bersama City pada akhir bursa transfer Januari 2018. Namun sayang, kepindahan itu jatuh pada penutupan batas waktu transfer.

Manchester City akhirnya resmi meminang Mahrez dari Leicester City pada bursa transfer musim panas 2018 dengan mahar mencapai 60 juta pound sterling atau setara Rp1,1 triliun.

Mahrez pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Premier musim 2015-2016 saat membawa Leicester City menjadi kampiun.

Rodri – 62,5 juta pound sterling (Rp1,11 triliun) dari Atletico Madrid, Juli 2019

Pelatih Pep Guardiola sering mengatakan bahwa dirinya kesulitan untuk menemukan  pemain yang dapat menggantikan peran Fernandinho di lini tengah.

Kehadiran gelandang Spanyol berusia 23 tahun itu langsung menjadikan dirinya kunci di lini tengah Manchester City.

Rodri menjadi rekrutan anyar termahal Manchester City dari Atletico Madrid dengan banderol hingga 62,5 juta pound sterling atau setara Rp1,11 triliun. (*/dbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here