28 March 2024 - 21:49 21:49

Dampak Merugikan yang Muncul Saat Anda Benci Kepada Diri Sendiri

WartaPenaNews, Jakarta – Perasaan benci terhadap diri sendiri merupakan emosi yang mengganggap diri Anda tidak cukup baik dan bernilai di dunia ini. Emosi ini mungkin sering kali muncul ketika Anda membandingkan diri dengan orang lain yang terlihat lebih mahir atau bahagia di kehidupannya. Di balik perasaan tersebut, ada bahaya tersembunyi yang dapat memengaruhi hidup Anda dan orang lain. Apa saja bahaya tersebut?

Dampak yang muncul akibat benci terhadap diri sendiri

Kebencian merupakan salah satu bentuk emosi yang cukup kuat dan bisa bertahan lama pada seseorang, bahkan kepada diri sendiri.

Bentuk emosi ini termasuk racun dalam kehidupan Anda yang bisa memengaruhi kesehatan fisik dan jiwa. Berikut dampak yang muncul mulai dari makan berlebihan sampai merusak hubungan:

1. Makan secara berlebihan

penyebab makan berlebihan

Salah satu bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebencian terhadap diri sendiri adalah makan berlebihan. 

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, orang yang mempunyai kelainan makan, seperti makan berlebihan atau anoreksia ternyata memiliki alasan tertentu.

Misalnya, Anda tidak terlalu peduli dengan kesehatan, penampilan, dan gaya hidup. Makanan digunakan sebagai media untuk menambah rasa benci dan menghukum diri sendiri.

Alih-alih menggunakannya sebagai asupan energi untuk tubuh, makanan digunakan sebagai pelampiasan akan kebencian tersebut.

Suara-suara di kepala Anda mungkin mensugesti Anda untuk menghukum diri dengan makan berlebihan. Perilaku ini mungkin dilakukan karena Anda merasa tidak bernilai dan berguna.

2. Tidak percaya diri dan insecure

pola pikir tidak bahagia sedih depresi stres pusing

Selain makan berlebihan, benci terhadap diri sendiri juga menyebabkan perasaan insecure dan tidak percaya diri terus muncul.

Pasalnya, perasaan benci ini dapat muncul akibat terlalu sering mengkritik diri sendiri.

Akibatnya, ketika Anda terlalu sering mendengarkan kritikan tersebut, perasaan tidak aman dan ketidakpercayaan diri pun akan terus timbul.

Misalnya, ketika Anda menerima pujian, Anda merasa tidak berhak mendapatkan pujian tersebut karena kurang percaya diri.

Padahal, usaha dan kerja keras Anda selama inilah yang membuat orang lain memberikan pujian tersebut.

3. Merusak hubungan dengan yang mencintai Anda

menjalin hubungan

Salah satu dampak yang cukup berbahaya saat Anda benci terhadap diri sendiri adalah rusaknya hubungan dengan orang yang menyayangi Anda.

Pada saat Anda membenci diri sendiri, secara tidak langsung perasaan bahwa Anda tidak berhak menerima kasih sayang dari orang lain pun muncul.

Kebencian tersebut akan terus tumbuh, sehingga Anda kesulitan menerima cinta dari orang lain.

Dampak ini mungkin disebabkan oleh salah satu faktor yang menyebabkan Anda membenci diri sendiri, misalnya trauma masa kecil.

Contoh, anak yang mengalami kekerasan emosional dari orangtua atau keluarganya biasanya merasa tidak berharga.

Hal ini mungkin disebabkan oleh ucapan yang terlontar dari mulut orangtuanya sendiri, seperti merasa menyesal karena telah melahirkan anak seperti ini.

Akibatnya, kata-kata tersebut terus terngiang dalam pikirannya dan berkembang menjadi kebencian terhadap dirinya sendiri.

Pada akhirnya, orang yang membenci diri sendiri mungkin terjebak dalam lingkaran setan.

Tidak dapat menerima kasih sayang dari orang lain, sehingga cenderung memilih teman atau pasangan yang sering tidak menghargainya.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi perasaan benci terhadap diri sendiri karena hanya akan memperburuk kualitas hidup Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengurangi dan menghentikannya, sebaiknya konsultasikan dengan terapis atau ahlinya untuk mendapat solusi terbaik. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03