28 March 2024 - 19:25 19:25

Delapan UKM Kerajinan YDBA, Ramaikan Inacraft 2019.

Delapan UKM Kerajinan YDBA, Ramaikan Inacraft 2019.

WartaPenaNews, Jakarta. Delapan UKM Bidang Kerajinan Mitra Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) tampil meramaikan Inacraft 2019, dengan berlokasikan di Plenary Hall No. 9 – 12. Mereka adalah Ghawean Dewe dan Rhadita Collection dari Jakarta, Batik Pratesthi dari Semarang, Novia Handicraft dari Yogyakarta, Rumah Batik Jawa Timur dan UD Dhonadhani Kingdom dari Waru, Sidoarjo dan Naung Songket serta Ottilia Pearl dari Lombok, Mataram.

Hadirnya kedelapan UKM di pameran yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 24 – 28 April 2019 ini merupakan salah satu program YDBA dalam memfasilitasi pasar UKM Kerajinan. Sebelumnya, pada tanggal 23 April 2019, para peserta mengikuti Technical Meeting serta Pelatihan Marketing yang disampaikan YDBA sebagai bekal dalam mengikuti pameran.

Ghawean Dewe merupakan UKM yang fokus memproduksi berbagai pakaian dan aksesoris anak, sedangkan Radhita Collection memproduksi pakaian wanita dengan model kekinian. Batik Pratesthi menampilkan berbagai produk handicraft, antara lain batik ecoprint, pakaian dan aksesoris dari batik khas Semarang.

Novia Handicaft memproduksi berbagai produk handicraft yang terbuat dari bahan dasar vynil, sedangkan Rumah Batik Jawa Timur memproduksi berbagai baju batik tulis pria dan kain batik khas Jawa Timur. UD Dhonadhani Kingdom memproduksi berbagai sepatu dan tas lukis untuk
anak dan dewasa, sedangkan Naung Songket menampilkan produk-produk songket dengan khas
Lombok. Sedangkan, Ottilia Pearl menampilan produk-produk mutiara Lombok yang banyak diminati kaum hawa.

Salah seorang peserta pameran dari Semarang, Pintya menyampaikan kesan dan harapannya dalam pameran ini. “Sudah lama sekali saya menanti moment ini, bisa pameran di Inacraft, sebuah pameran milik Indonesia dengan skala nasional. Terima kasih YDBA telah memberi kesempatan Pratesthi untuk hadir di Inacraft 2019,” ujar wanita 24 tahun ini.

Di kesempatan yang sama melalui gelaran pameran ini, ukm binaan YDBA ini pun berharap tak hanya  mendapatkan new customer dan repeat order, namun juga mendapatkan ilmu baru dalam pemadaran dan benchmark kepada para pengisi pameran Inacraft lain yang tentu lebih banyak pengalamannya dalam memproduksi produk handicraft maupun dalam segi penataan stand.

YDBA terus menjalankan program tanggung jawab sosial Astra dengan fokus pada pembinaan UMKM, yakni dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM untuk naik kelas dan mencapai kemandiriannya.

Melalui pelatihan yang dilengkapi pendampingan di lapangan, YDBA telah memiliki 12 LPB aktif yang berlokasi di Mataram Nusa Tenggara Barat, Sidoarjo Jawa Timur, Yogyakarta, Semarang Jawa Tengah, Tegal Jawa Tengah, Klaten Jawa Tengah, Sangatta Kalimantan Timur, Bontang Kalimantan Timur, Paser Kalimantan Timur, Tapin Kalimantan Selatan, Muara Enim Sumatera Selatan dan Tabalong Kalimantan Selatan.

Selain itu, YDBA juga mengembangkan sektor unggulan dalam rangka mengembangkan komunitas UMKM yang menonjol secara ekonomi dengan harapan komunitas tersebut dapat melakukan usaha dengan berkelanjutan.

Tak hanya itu untuk membantu UMKM dan masyarakat di daerah dalam mendapatkan akses pembiayaan, YDBA bersama Grup Astra mendirikan LKM/ koperasi. Sampai saat ini, YDBA telah mendirikan 10 LKM/ koperasi.

Hingga Desember 2018, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 10.894 UMKM. Untuk pemuda
putus sekolah, YDBA telah melatih 734 pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 68.030 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03