29 March 2024 - 01:15 1:15

Dua Opsi Menhub untuk Turunkan Tarif Pesawat, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Masih mahalnya tarif pesawat menjadi persoalan di industri penerbangan di Tanah Air. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tampak concern untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Mantan direktur utama Angsa Pura II itu mengaku memiliki dua opsi menurunkan tiket tarif penerbangan, yaitu menetapkan sub harga atau menurunkan tarif batas atas.

“Kita cari solusinya. Apakah kita menetapkan sub-price atau kita menurunkan batas atas. Mana yang secara legal memang dimungkinkan,” kata Budi di Jakarta, Senin (22/4).

Penyebab masih mahalnya tiket pesawat yang ditawarkan di sejumlah maskapai karena aksi korporasi. Maskapai penerbangan tidak salah, karena tidak bertentangan dengan Undang-Undang yang berlaku.

Namun karena masih mengeluhkan tarif pesawat kemahalan, akhirnya Kemenhub akan mengkaji kembali mengenai tarif batas atas sejumlah maskapai.

“Kemarin siftanya imbauan (sejumlah maskapai) untuk menetapkan sub-price. Tetapi tampaknya imbauan itu tidak dipenuhi secara maksimal. Itu yang akan didiskusikan,” papar Budi.

Saat ini, kata Budi, rata-rata tarif batas atas maskapai berada di kisaran 80, 90, hingga 100 persen. Pihaknya pun mengupayakan menurunkan tarif batas atas setara dengan 80 persen, kemudian diikuti oleh tarif batas tengah dan bawah.

“Sebagai contoh aja, kalau yang paling atas menetapkan average-nya 80 persen. Average ya. Terus middle itu katakanlah average 65 persen. Paling bawah 60-50 persen. Jadi itu tercipta. Jadi ruang yang harganya 50-55 persen itu ada. Ini harapan. Jadi belum fixed,” tutur Budi. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03