25 April 2024 - 01:17 1:17

Dubes Belanda Apresiasi Jelang Pemilu 2019 di Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Sebentar lagi, rakyat Indonesia akan menyambut “pesta” demokrasinya melalui pemilihan umum serentak atau Pemilu 2019. Duta Besar (Dubes) Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol menyampaikan apresiasinya terhadap perhelatan Pemilu 2019 tersebut. Ia mengaku merasa antusias melihat respon rakyat Indonesia yang bersemangat dalam menjalankan sistem demokrasi di Nusantara. Apresiasi itu disampaikan pada acara media gathering pada 4 April 2019 di rumah dinas Dubes Belanda, kawasan Meteng, Jakarta Pusat.

Hubungan Indonesia-Belanda sudah sejak lama terjalin, dan tentu saja negara tersebut mengikuti perjalanan Nusantara menuju negara yang demokrasi. Karena itu dengan digelarnya pemilihan umum secara serentak yang menggabungkan pemilihan presiden atau pilpres 2019 dengan pemilihan legislatif, pihak Kedutaan Belanda terus mengikuti perkembangannya.

Swartbol menjelaskan, berdasarkan pengamatan pihak Kedutaan Belanda, penyelenggaraan pemilu 2019 di Indonesia terdapat perbedaan dengan di Belanda. Sekadar informasi, Belanda baru saja menyelenggarakan pemilihan umum provinsi pada 20 Maret 2019 yang hampir mirip dengan pemilu legislatif di Indonesia.

“Di Indonesia banyak sekali usaha untuk membuat (pemilu 2019-red) tepat dengan banyaknya regulasi. Di Belanda sedikit lebih bebas, contohnya (Indonesia-red) mempunyai regulasi ketat kapan Anda diizinkan untuk berkampanye. Atau mengenai menteri yang boleh menyampaikan dukungannya terhadap salah satu partai, di sini tidak boleh sedangkan di Belanda diperbolehkan,” ucap Dubes Belanda pada Sabtu (6/4/2019).

Pria berusia 55 tahun itu bahkan sempat berkelakar bagaimana sulitnya KPU menangani penyelenggaraan pemilu 2019 secara serentak di Nusantara. “Saya tidak bisa membayangkan bagaimana mengorganisir pemilihan umum dari Aceh sampai Papua dan memastikan semua tepat waktu. (Dari mulai-red) surat suara, keamanan, TPS yang dipastikan teratur dan transparan. Jika saya kepala KPU, saya akan pusing,” paparnya sembari bergurau.

Swartbol juga memuji bagaimana demokrasi di Indonesia sangat “hidup” di Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain. Hal ini tercermin dari debat di televisi dan diskusi antara warga mengenai kandidat pilihan mereka di pilpres 2019. Ia mengklaim bahwa itulah demokrasi, jika ada perbedaan maka berkumpul dan diskusikan.

Swartbol juga tidak lupa menuturkan harapannya terkait Pemilu 2019 di Indonesia yang akan digelar pada 14 April 2019. “(Kami berharap-red) Pemilu 2019 akan adil, bebas, dan tanpa gangguan. Ini krusial karena (pemilu) merupakan ‘permata dalam demokrasi’, baik di Indonesia dan seluruh dunia, jadi pemilu adil dan bebas ini akan memberikan pemerintah yang Indonesia pilih dan itulah tujuan dari pemilu,” pungkasnya. (mus)

 

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03