20 April 2024 - 06:49 6:49

Festival Rawajati 2: Menggugah Kepedulian Masyarakat Akan Seni dan Budaya Betawi

WartaPenaNews, Jakarta – Indonesi kaya akan khasanah budaya daerahnya. Tiap pulau memiliki seni budaya sendiri yang makin memperkaya keragaman kebudayaan yang ada di Indonesia. Betawi, salah satu suku yang ada di Indonesia menempati wilayah Jakarta sebagai kota metropolitan.

Meski demikian geliat seni dan budaya Betawi tak pernah terkikis oleh derasnya budaya asing yang masuk ke Jakarta. Festival Rawajati 2 adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan budaya Betawi yang kian marak.

Acara ini dimaksudkan sebagai sarana Pelestarian Budaya Betawi dengan pengenalan langsung kepada masyarakat.

Sementara acara ini bertujuan agar masyarkat khususnya masyarakat Betawi lebih peduli dan mau tahu dan pada akhirnya mempelajari Budaya Betawi beserta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.  Festival Rawajati 2 ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu dan Minggu (27-28 Juli 2019). Pada hari Sabtu digelar seni budaya Betawi sedangkan pada hari Minggu digelar atraksi Silat  Betawi yang diikuti 60 perguruan.

Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan Asosiasi Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) terlibat langsung dalam acara ini, menjadi garda terdepan dalam Pelestarian dan Pengembangan Budaya Betawi khususnya silat tradisi. Acara yang kali ini  mengusung tema Cintai Seni Budaya Betawi Sampai Menuju Prestasi  ini sudah diwacanakan oleh Pemkot Jakarta Selatan sebagai agenda tetap di wilayah Jakarta Selatan.

Anwar Albatawie selaku Ketua Umum Astrabi mengungkapkan dengan semakin rutinnya Festival Budaya Betawi, khusuanya silat di tampilkan di muka umum, diharapkan ketertarikan masyarkat makin besar hingga membuka peluang generasi penerus bangsa di DKI Jakarta mau tahu dan bersedia mempelajarinya.

Dengan begitu pemerintah daerah makin yakin akan kewajibannya menjadikan Budaya Betawi khususnya Silat Betawi menjadi kurikulum muatan lokal di Jakarta. (boim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03