FFI dan PERGIZI PANGAN Indonesia Luncurkan Susu Bubuk FRISIAN FLAG KOMPLETA dan Inisiatif #IndonesiaSIAP

23

WartaPenaNews, Jakarta – Frisian Flag Indonesia (FFI) berkolaborasi dengan Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (PERGIZI PANGAN Indonesia) secara resmi meluncurkan produk FRISIAN FLAG® KOMPLETA, yaitu susu bubuk keluarga bergizi dan terjangkau.

Produk susu ini diformulasikan dengan memenuhi semua regulasi yang berlaku, dan mempertimbangkan kandungan gizi yang dibutuhkan masyarakat, sebagai upaya untuk berkontribusi dalam menjawab permasalahan gizi di Indonesia. FRISIAN FLAG® KOMPLETA hadir dengan kalsium yang tinggi, sumber protein, vitamin A, vitamin B12, asam folat, vitamin D, zat besi, zink dan magnesium serta 10 vitamin dan mineral penting lain.

Bersamaan dengan peluncuran produk terbarunya ini, FFI dan PERGIZI PANGAN Indonesia juga menginisiasi #IndonesiaSIAP (Sadar Gizi, Inisiatif, Aktif dan Peduli), sebagai bentuk gerakan kolektif dalam upaya mengatasi masalah kekurangan gizi melalui pemenuhan gizi berkualitas dan edukasi bagi keluarga Indonesia.

Faktor kesehatan serta pemenuhan gizi seimbang menjadi kebutuhan dasar dan fundamental, yang sepatutnya dipenuhi setiap orang. Sayangnya, saat ini masih kerap ditemukan berbagai permasalahan gizi di tanah air. Berdasarkan Riskesdas 2018, prevalensi Gizi Kurang di Indonesia mencapai angka 17,7%. Pada ibu hamil, masalah anemia masih menjadi ancaman, yaitu 48,9%. Di samping itu, kekurangan energi, protein, vitamin dan mineral juga masih menjadi masalah serius, yang tentunya dapat berdampak pada kualitas generasi bangsa.

Padahal, memperbaiki gizi, mengurangi kelaparan dan kemiskinan, serta mencapai kehidupan yang sehat dan sejahtera, menjadi beberapa target penting dari Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG), yang menjadi kesepakatan pembangunan global, termasuk Indonesia.

“Mengingat dampak jangka Panjang masalah gizi yang berpengaruh buruk pada kualitas hidup, produktivitas, dan ekonomi bangsa, Frisian Flag Indonesia berkolaborasi dengan PERGIZI PANGAN Indonesia memformulasikan produk gizi berkualitas dan terjangkau untuk keluarga, yaitu susu bubuk FRISIAN FLAG® KOMPLETA. Kehadiran produk ini menjadi wujud komitmen FFI dalam upaya berkontribusi positif bagi masyarakat Indonesia, dengan mengusung visi ‘Nourishing by Nature’ melalui ketersediaan gizi berkualitas, guna membantu pemerintah dalam menciptakan sumber daya manusia unggul dan mencapai target SDG pada 2030, dimulai dari membangun keluarga yang sehat dan kuat,” kata Marketing Director Consumer Dairy Frisian Flag Indonesia, Felicia Julian, di Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Memadukan keunggulan FFI dalam memproduksi produk susu berkualitas, dengan pemahaman mendalam PERGIZI PANGAN Indonesia terkait permasalahan dan kebutuhan gizi masyarakat Indonesia, FRISIAN FLAG® KOMPLETA diformulasikan khusus untuk turut mencegah masalah gizi utama masyarakat Indonesia, terutama bagi anak usia sekolah, remaja dan dewasa dalam keluarga.

“Penambahan asam folat, zat besi, B kompleks, dan zat gizi mikro lain memiliki manfaat penting untuk membentuk energi dan mendukung proses metabolisme tubuh. Selain itu, protein dalam FRISIAN FLAG® KOMPLETA berperan sebagai sumber gizi makro yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan tubuh. Susu bubuk ini juga dilengkapi dengan asam folat yang berfungsi membentuk sel darah merah, serta membangun sel-sel dalam tubuh”, tambah Felicia.

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS masalah anemia gizi bisa terjadi pada semua siklus hidup manusia dalam suatu keluarga. “Masalah anemia biasanya banyak ditemukan pada anak usia sekolah, remaja, ibu hamil dan lansia. Penambahan zat besi, zink, vitamin A, C, B12 dan asam folat pada susu yang mengandung protein dan zat gizi lainnya dimaksudkan untuk turut mencegah masalah gizi tersebut. Selanjutnya penambahan kalsium, zink, magnesium, zat besi, vitamin A, C dan D pada susu yang mengandung protein kolagen dan zat gizi lainnya, dimaksudkan untuk turut mencegah defisiensi masalah gizi tersebut guna mendukung tumbuh kembang tulang optimal yang menjadi modal untuk pertumbuhan linear (tinggi badan) yang normal bagi anak usia sekolah dan remaja. Pada gilirannya, diharapkan dengan gizi yang baik saat remaja, mempersiapkan kehamilan dan selama kehamilan turut mencegah permasalahan gizi pada generasi selanjutnya”.

“Selama ini susu dianggap produk yang mahal. Produk ini mematahkan anggapan tersebut, ternyata susu bergizi baik dapat terjangkau oleh masyarakat. Kehadiran produk ini sebagai alternatif produk bergizi baik telah melalui investasi serius, serta proses dan upaya panjang, guna menghasilkan produk yang diharapakan turut berkontribusi dalam pencegahan dan perbaikan masalah gizi terkini di masyarakat Indonesia”, papar Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, sekaligus Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia (Federation of Asian Nutrition Societies – FANS), Prof. Dr. Hardinsyah, MS.

Sebagai bagian dari inisiatif #IndonesiaSIAP, FFI dan PERGIZI PANGAN Indonesia berupaya meningkatkan kesadaran gizi masyarakat melalui kegiatan edukasi dan literasi gizi, serta penerapan gaya hidup aktif dan sehat yang melibatkan 15.000 keluarga Indonesia. “Tidak hanya upaya kemitraan antara pihak pemerintah, swasta dan organisasi profesi (Public Private Professional Partnership), melalui inisiatif ini, kami juga mengajak keterlibatan masyarakat dalam upaya meningkatkan pemahaman tentang permasalahan gizi terkini dan berbagai upaya solusinya, untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” imbuh Prof. Hardinsyah.

“Kami berharap, kehadiran susu bubuk FRISIAN FLAG® KOMPLETA dan inisiatif #IndonesiaSIAP dapat menjadi solusi dalam membantu menekan angka malnutrisi, sekaligus meningkatan kualitas hidup generasi Indonesia. Karena kami percaya, kemudahan akses terhadap produk gizi terbaik serta peningkatan kompetisi gizi melalui edukasi dan literasi, merupakan fondasi penting dalam membangun generasi masa depan berkualitas, yang siap bersaing dan berperan aktif dalam mendukung kemajuan bangsa,” tutup Felicia. (boim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here