24 April 2024 - 18:05 18:05

Gema Kosgoro Akui Pencaplokan Freeport Kado Akhir Tahun Paling Spesial

WartPenaNews, Jakarta – Gerakan Mahasiswa Kosgoro mengapresiasi Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla yang berhasil mengakuisisi kepemilikan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi 51 persen melalui BUMN PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero).

“Keberhasilan mengakuisisi saham PTFI menjadi 51 persen adalah kado akhir tahun 2018 yang spesial untuk Indonesia dan rakyat Papua,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Mahasiswa Kosgoro HM Untung Kurniadi kepada wartawan disela-sela Diskusi Akhir Tahun 2018 bertemakan Menghidupkan Indonesia Raya di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Menurut Untung, dengan beralihnya kepemilikan mayoritas saham PTFI ke pangkuan Indonesia sudah sesuai dengan amanat pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 bahwa Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

“Dengan kepemilikan 51 persen saham pada PTFI, maka pemerintahan Indonesia melalui BUMN PT Inalum otomatis menjadi pemegang saham pengendali yang menguasai Freeport sehingga kekayaan tambang Freeport dapat digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” kata Untung. “Jadi nikmat Tuhan yang mana lagi yang engkau dustakan,” kata Untung.

Saat ini, Inalum telah menggenggam saham 51,2% saham PT Freeport Indonesia dengan membayar lunas $ 3,85 miliar. Inalum menggenggam saham secara langsung di PTFI sebanyak 26,23% dan 25% pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPMM) yang semula bernama PT Indocopper Investama (PTII). Sedangkan komposisi kepemilikan saham PTFI pada IPMM adalah sebanyak 60 persen dikuasai Inalum dan 40 persen diberikan kepada Pemerintah Daerah dengan komposisi Provinsi Papua sebesar 30 persen dan Kabupaten Mimika sebesar 70 persen. Sehingga kepemilikan saham Pemprov Papua di PTFI adalah tiga persen dan Pemkab Mimika tujuh persen.

Pada kesempatan itu, Untung juga menyebut peran Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang sukses mewujudkan mimpi rakyat Indonesia mengembalikan tambang yang dikelola Freeport kembali ke pangkuan Indonesia raya. (sol/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03