20 April 2024 - 11:24 11:24

GIS Dukcapil Raih Juara Pertama di Ajang Esri Internasional

WartaPenaNews, Jakarta – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) kembali meraih prestasi tingkat dunia. Kali ini Geographic Information System (GIS) Dukcapil berhasil bertengger di peringkat pertama atau juara ke-1 dalam lomba Map Gallery International.

Lomba ini diselenggarakan oleh Esri (Environmental Systems Research Institute), sebuah perusahaan software sistem informasi geografi internasional pada acara tahunan yang bernama “Esri User Conference” yang digelar di San Diego Convention Center, San Diego, California, Amerika Serikat, pada 8-12 Juli 2019. Ini adalah penghargaan kali kedua dari Esri, setelah Dukcapil meraihnya pertama kali pada 22 Nopember 2016 untuk sistem informasi manajemen berbasis GIS.

“Ditjen Dukcapil Kemendagri mengikuti kompetisi pada kategori penilaian ‘people’s choice’ menampilkan Ratio of Availability of Education Facilities In City of Indonesia on 2018, pada kategori Thematic Map dengan tipe peta Interactive Map,” jelas Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh dalam laporannya kepada Menteri Ddalam Negeri Tjahjo Kumolo dan tembusan kepada Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Menurut Prof. Zudan, penilaian dilakukan dengan cara voting oleh netizen melalui internet dengan jumlah peserta sebanyak: 1.606 peserta dari seluruh dunia.

Sekadar info, GIS adalah penyajian peta data penduduk sampai tingkat desa berbasis kewilayahan. Peta digital ini merupakan salah satu inovasi penting dalam pelayanan Ditjen Dukcapil. Layanan ini bisa diperoleh gratis oleh siapa pun. Tinggal klik https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/peta/ akan tersaji peta 34 provinsi seluruh Indonesia. Pada setiap provinsi akan terbaca lengkap masing-masing jumlah kabupaten/kota hingga jumlah kecamatan, desa, kelurahan selain jumlah penduduk, luas wilayah dan jumlah kepala keluarga.

Pemenang Map Gallery International ini secara resmi diumumkan pada saat acara penutupan konferensi Jumat (12/7/2019), waktu setempat.

Selama empat tahun belakangan semasa Zudan menjabat Direktur Jenderal, Dukcapil telah meraih 11 penghargaan, antara lain dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Museum Rekor Indonesia (MURI), The Hassan Wirajuda Award, Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Perbarindo atau Perhimpunan BPR Indonesia, 2 kali penghargan dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), dan penghargaan dari Polri serta dari ESRI sendiri. Dukcapil. (sol)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03