20 April 2024 - 00:06 0:06

Gladys Liu Merupakan Keturunan China Pertama yang Menjabat sebagai Anggota DPR Australia

WartaPenaNews, Jakarta – Gladys Liu menjadi warga keturunan China pertama yang berhasil duduk di DPR Australia, setelah secara resmi dinyatakan sebagai pemenang untuk daerah pemilihan Chisholm di Victoria. Oposisi berencana menggugat kemenangan Liu.

Sekitar 20 persen warga di daerah pemilihan Chisholm adalah keturunan China. Gladys Liu mengalahkan caleg Partai Buruh hanya dengan selisih 1.100 suara. Bila Partai Buruh berhasil memenangkan gugatan, akan digelar pemilu sela di dapil ini.

Liu mengaku bangga bisa memenangkan kursi di salah satu dapil yang persaingannya paling ketat. Hal itu disampaikan hari Rabu (5/6/2019), untuk pertama kalinya sejak pemilu 18 Mei lalu.

“Saya senang sekali dan bangga dengan apa yang akan terjadi di masa depan, paling tidak tiga tahun atau lebih lama lagi,” katanya kepada ABC.

Liu mengalahkan pesaing utamanya dari Partai Buruh yang juga warga keturunan China Jennifer Yang, dengan selisih hanya 1.100 suara.

Daerah pemilihan Chisholm di pinggiran Melbourne merupakan salah satu wilayah yang banyak dihuni warga keturunan China di Australia.

Dia memuji tim yang membantunya selama kampanye, dan mengatakan mendapat sambutan hangat ketika berada di Canberra untuk menduduki kursi parlemen tersebut untuk pertama kalinya.

“Ini bisa menjadi tambahan yang bagus ke dalam tim yang sudah ada, karena bukan saja saya seorang perempuan, namun saya juga bisa berbicara dalam dua bahasa lainnya (selain Inggris), dan juga saya berasal dari latar belakang etnis yang berbeda,” katanya.

Tantangan bagi komunitas yang terbelah A man applauds a man who is waving. PM Scott Morrison memberikan dukungan kepada Gladys Liu ketika melakukan kampanye tanggal 15 April 2019.

Gladys Liu lahir di Hong Kong, namun mantan pelatih untuk mereka yang mengalami kesulitan berbahasa atau berkomunikasi tersebut (speech pathologist) tersebut sudah tinggal selama 30 tahun di Australia.

Sekitar 20 persen warga di daerah pemilihan Chisholm (yang meliputi juga kawasan Chinatown Box Hill) adalah warga keturunan China, dan komunitas di sana terbelah dalam pilihan politik.

“Di Chisholm lebih banyak warga di sini yang lahir di luar Australia dan keinginan saya adalah memastikan – siapa saja mereka baik lahir di sini maupun dari luar — saya ingin mereka mengerti satu sama lain dan bekerja sama satu dengan yang lain.”

Liu memenangkan kursi parlemen dengan suara 50,58 persen, dengan suara untuk Jennifer Yang adalah 49,42 persen.

Liu tampaknya tidak peduli dengan perbedaan suara tipis tersebut, dengan mengatakan “tidak ada satu partai pun yang mendapat dukungan 100 persen” dan perbedaan di dalam komunitas China “mirip dengan apa yang terjadi di tempat lain.”

Gladys Liu mengatakan sekarang tekadnya untuk mewakili semua orang di komunitas, tidak masalah apakah mereka mendukungnya atau tidak.

“Ini adalah salah satu tugas saya, untuk memastikan mereka terwakili dan suara mereka didengar di Canberra,” tambahnya lagi.

Namun sebelumnya, kemenangan Liu dipertanyakan oleh para politik Partai Buruh yang beroposisi.

Bulan lalu, dia harus menjawab pertanyaan soal tuduhan melakukan taktik kotor selama kampanye ketika ABC melaporkan bahwa Gladys Liu membuat posting-an di platform medsos China WeChat mengenai bagaimana harus memilih.

Pada awalnya Liu membantah dia telah mengeluarkan perintah pemuatan posting-an tersebut, namun ABC mencatat bahwa dia sendiri yang memasang posting-an tersebut di WeChat di akhir April lalu.

“Saya merasa ada banyak hal-hal remeh yang dipersoalkan, dan juga ada kebohongan.”

Partai Buruh berencana untuk menggugat kemenangan Liu dengan posting-an di WeChat itu sengaja dilakukan untuk membingungkan pemilih sehingga mereka harus memilih Partai Liberal. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03