29 March 2024 - 03:01 3:01

Gokmen Tanis, Si Pelaku Penembakan di Belanda Itu Akhirnya Diciduk

WartaPenaNews, Jakarta – Polisi Belanda menangkap seorang pria Turki yang diduga menembak mati tiga orang dan melukai lima orang di sebuah trem di Kota Utrecht, Belanda pada Senin (18/3). Polisi mengatakan, tersangka Gokmen Tanis yang berusia 37 tahun, telah ditahan setelah perburuan selama berjam-jam dan sebelumnya berselisih dengan pihak berwenang di Belanda.

Kota itu dijaga ketat setelah penembakan. Pihak berwenang mengatakan, ini merupakan serangan teroris. Polisi melakukan penggerebekan di beberapa lokasi setelah mengeluarkan gambar Tanis dan memperingatkan masyarakat untuk tidak mendekatinya.

Tetapi beberapa jam setelah penembakan, motif pria bersenjata itu tetap tidak jelas. Seorang jaksa penuntut mengatakan, insiden itu mungkin karena alasan keluarga.

Saudara-saudara lelaki bersenjata itu mengatakan, ia telah menembak seorang kerabat di trem dan kemudian menembak orang lain yang mencoba membantunya.

“Badan intelijen Turki mengatakan sedang menyelidiki apakah serangan itu bermotivasi pribadi atau tindakan terorisme,” kata Presiden Turki Tayyip Erdogan dilansir dari Reuters.

Sebelumnya, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengadakan pembicaraan mengenai krisis darurat setelah insiden itu. Ini terjadi tiga hari setelah seorang pria bersenjata sendirian menewaskan 50 orang dalam penembakan masal di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru.

“Negara kita hari ini dikejutkan oleh serangan di Utrecht. Motif teroris tidak bisa dikesampingkan,” kata Rutte.

Sementara itu, Walikota Utrecht Jan Van Zanen mengatakan, tiga orang tewas dan lima lainnya luka-luka, tiga di antaranya kritis. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03