29 March 2024 - 15:46 15:46

Hal-hal yang Boleh dan Jangan Dilakukan saat Imlek, Apa Saja?

WartaPenaNews, Jakarta – Tahun Baru Imlek akan dirayakan masyarakat keturunan Tionghoa besok, 5 Februari 2019.

Tak hanya di Indonesia, orang-orang dari negara-negara seperti Korea, Vietnam, Malaysia, Laos dan Singapura, juga berpartisipasi dalam perayaan Tahun Baru Imlek ini.

Biasanya, Tahun Baru Imlek dirayakan oleh keturunan Tionghoa bersama dengan keluarga besar mereka.

Berikut ini beberapa hal boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat Imlek, seperti dilansir laman SBS.

1. Pakaian
Warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan yang membawa kebahagiaan, gairah dan kemakmuran dengan menangkal roh jahat dan nasib buruk. Hitam dan putih adalah warna yang dianggap sial bagi mereka yang merayakan Imlek.

So, jika Anda hendak bertamu ke rumah teman atau kerabat yang sedang merayakan Imlek, sebaiknya Anda mengenakan pakaian berwarna merah, bukan hitam atau putih.

2. Bersihkan Semuanya
Tahun Baru Imlek adalah waktu terbaik untuk membersihkan dan menghindari rumah Anda dari segala nasib buruk yang telah menumpuk selama setahun terakhir ini.

3. Dilarang Menyapu
Anda bisa membersihkan semuanya hingga Malam Imlek. Tetapi pada Hari Imlek, Anda seharusnya tidak mengambil sapu dan membersihkan rumah Anda lagi.

Mengapa? Karena membersihkan rumah Anda pada saat Imlek, terlihat seperti Anda menyapu atau menghilangkan semua keberuntungan yang telah Anda tanam dengan cermat di rumah Anda.

4. Jangan mencuci rambut Anda
Karakter huruf Tiongkok untuk ‘rambut’ adalah karakter pertama yang sama dengan kata ‘makmur’. Jadi, jangan mencuci rambut Anda karena hal ini dianggap Anda menghilangkan kekayaan yang akan Anda dapatkan untuk tahun ini.

5. Amplop Merah
Secara tradisional, hadiah uang dalam jumlah kecil diberikan dari generasi yang lebih tua ke generasi muda sebagai berkah untuk tahun baru. Sebagai gantinya, generasi yang muda memberikan harapan atau doa untuk tahun yang penuh dengan keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran.

6. Tidak ada argumen
Lukis senyum di wajah Anda, karena pada saat Tahun Baru Imlek, pertengkaran dan omelan antar keluarga atau antar kakak-adik harus dihindari, karena hal ini bisa dikatakan bahwa Anda akan berdebat dengan mereka selama sisa tahun itu. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03