29 March 2024 - 19:58 19:58

Halo Remaja…Yakin Jantungmu Sehat?

WartaPenaNews, Jakarta – Jika beberapa tahun lalu, penyakit kanker menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia, kini penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung menduduki urutan pertama. Mirisnya, jumlah penderita usia remaja kian meningkat!

Penyakit jantung, merupakan keadaan ketika jantung mengalami berbagai macam gangguan.

Warning prevalensi penderita penyakit jantung dipresentasikan Nestle Indonesia di HeartFedt, bersamaan dengan peluncuran Nestle Acticor, minuman penurun kolesterol, (Minggu, 28.4.2019), di Gelora Bung Karno.

dr Johan Winata SpJP (K) FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah memaparkan penelitian mengenai faktor utama penyebab tingginya penyakit jantung di Indonesia, khususnya dikalangan remaja yang berkaitan dengan gaya hidup dan faktor genetika.

Prilaku gaya hidup yang kurang sehat, sudah sangat mengakar ke seluruh aspek kehidupan. Bukan perkara mudah mengembalikan remaja untuk menjalani gaya hidup sehat.

Adanya pembiaran dari orang-orang terdekat ditengah minimnya edukasi, serta peran pihak ke tiga seperti pengusaha makanan dan minuman yang minim apresiasi untuk mengedukasi remaja dengan produk makanan yang aman bagi jantung.

Sayangi jantung dengan melakukan cara berikut:

1. Rutin berolahraga

Ketika memasuki usia ke 30 tahun, diwajibkan untuk rutin berolahraga.
Jansen Ongko, M.Sc, R.D. menyarankan untuk memilih jenis olahraga yang disukai, sesuai kebutuhan.

Untuk menambah motivasi, lakukan secara bersama-sama dengan orang terdekat. Olahraga yang disarankan jenis aerobik seperti berenang, bersepeda, berlari, zumba. Olahraga anaerobik seperti angkat beban juga bisa dijadikan pilihan.

Olahraga yang rutin dapat melatih tubuh merespon stress lebih baik, termasuk merespon dalam perubahan fungsi serta fisiologis tubuh.

Jika masih tidak sanggup, lakukan aktifitas fisik seperti berjalan dengan jarak tertentu.

2. Konsumsi makanan sehat

Abaikan godaan fast food, beralih ke makanan yang memenuhi asupan nutrisi sempurna, sesuai kebutuhan. Konsumsi sumber karbohidrat, protein, serat, lemak, mineral dan vitamin, yang berasal dari jenis bahan pangan beragam dan terbaik. Seperti sumber karbo terbaik dari beras merah, cokelat, atau hitam. Umbi-umbian diantaranya kentang, ubi jalar, dan singkong.

Protein yang berasal dari ikan, ayam (tanpa kulit), dan daging merah tanpa lemak.

Serat, didapat dari sayur dan buah. Usahakan untuk mengonsumsi beragam warna dalam sekali waktu makan. Warna yang berbeda dari sayur dan buah menunjukkan kandungan nutrisi yang berbeda. Jika disatukan dan dikonsumsi menjadi solusi untuk melengkapi nutrisi harian.

3. Hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang.

Merokok menjadi penyebab lapisan arteri rusak, dinding arteri menebal, dan terjadi penumpukkan lemak, serta plak yang menghambat aliran darah disepanjang arteri.

Ketika arteri yang memasok darah ke jantung mengalami penyempitan, pasokan darah yang kaya oksigen menuju jantung akan menurun yang berakibat terjadinya penyakit jantung.

4. Sedih, Mudah Marah, dan Stress

Sedih, mudah marah, dan stress menjadi penyebab pecahnya dinding arteri yang mengandung plak dan memicu terjadinya serangan jantung.

Selain berolahraga, rajin sharing dengan orang-orang terdekat yang bisa dipercaya serta bisa memberikan solusi untuk setiap permasalahan. Hadapi stress dengan managemen yang baik.

Jenis-Jenis Penyakit Jantung

Ada beragam jenis penyakit jantung yang biasanya memiliki gejala berbeda yang dirasakan oleh penderitanya.

1. Jantung koroner

Gejala yang timbul, nyeri di belakang tulang dada saat lelah, dan akan menghilang ketika beristirahat. Rasa nyeri bisa menjalar ke arah leher, lengan, serta mengalami rasa tercekik.

2. Aritmia

Detak jantung yang lambat atau cepat. Hati- hati dengan detak jantung yang mengalami gangguan berdetak cepat, karena bisa menyebabkan kematian mendadak.
Gangguan detak jantung lambat akan mengalami kelemahan menahun, cepat lelah, dan sering pingsan.

3. Klep Jantung Rusak

Terjadi bertahun-tahun setelah terinfeksi kuman streptococcus – betahemoliticus Gejalanya, sering demam dan batuk, serta sulit menelan.

4. Miopati

Kondisi otot jantung yang lemah yang menyebabkan daya pompa jantung menurun, dan membuat kondisi tubuh mudah lelah.

Minuman Gaul Untuk Jantung

Untuk merawat jantung, Nestle Indonesia menghadirkan inovasi produk baru, Nestle Acticor.

Racikan minuman mengandung susu, diperkaya Inulin dari Chicory dan Beta Glucan dari Oats yang merupakan serat pangan larut, dan telah teruji secara klinis mampu membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan vitamin B1 dan B2 yang berperan sebagai koenzim, perubahan karbohidrat menjadi energi.

Yang menyenangkan, Nestle Acticor diproduksi dalam 4 varian rasa favorit anak muda, Alpukat, Banana, Chocolate, dan Green Tea Latte.
Rasanya enak, lebih dari sekedar minuman untuk kesehatan.
Wajib dikonsumsi 2 kali sehari setelah makan!

Sudah tentu, untuk hasil yang maksimal, kalian harus merubah gaya hidup yang tidak sehat ke arah yang lebih sehat.

Windy Cahyaning Wulan, Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia mengatakan, “Nestle Indonesia, berkomitmen dengan berkontribusi bagi masa depan yang lebih sehat.
Peluncuran Nestle Acticor diikuti dengan membuat gerakan #LiveHeartFirst yang bertujuan mengajak konsumen muda, khususnya yang memasuki usia 30 tahun, untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. Beragam acara menarik diselenggarakan, seperti beragam aktivitas olahraga, pemeriksaan kesehatan gratis, penghitungan BMI, heart age, tes kolesterol, dan tekanan darah.

“Gerakan yang telah kami laksanakan tersebut, selaras dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan program pemerintah, untuk meningkatkan kualitas hidup dengan menerapkan pola makan sehat dan gaya hidup aktif. (bud)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03