20 April 2024 - 15:30 15:30

Harga Cabai Makin ‘Pedas’ di Musim Kemarau

WartaPenaNews, Jakarta – Memasuki musim kemarau, harga sejumlah sayuran di Pasar Induk Guntur Kabupaten Garut mengalami kenaikan. Kenaikan bahkan ada yang mencapai 100 persen.

“Hampir seluruh jenis sayuran sekarang naik. Kenaikan yang cukup signifikan itu cabai, naiknya 100 persen,” ujar Suhartono, salah satu distributor sayuran di Pasar Induk Guntur Garut kepada wartawan, Selasa (9/7).

Kata dia, harga semua jenis cabai mengalami kenaikan. Seperti cabai merah, harga awalnya Rp 35 ribuan per kilogram, kini mencapai Rp 70 ribu per kilogram. Sama halnya dengan cabai rawit hijau dan inul, biasanya Rp 20 ribu sekarang menjadi 40 ribu. “Harga kol juga naik. Dari Rp 2.000 per kilogram menjadi Rp 4.000. Cuma tomat saja yang harganya malah turun,” ujarnya.

Suhartono mengatakan kenaikan sayuran karena hasil panen dari petani berkurang akibat musim kemarau. Pasokan barang dari petani ke pasar menjadi turun, sehingga berdampak pada haraga jual di pasaran.

Selain penurunan pasokan, kebutuhan pasar atau pembeli meningkat bersamaan dengan banyaknya kegiatan acara syukuran ibadah haji. “Pasokan bisa berkurang karena para pedagang sayuran hanya mengandalkan pasokan dari petani lokal,” terangnya.

Menurut dia, terbatasnya pasokan dan kenaikan harga jual akan terus terjadi hingga memasuki musim penghujan atau saat petani dari daerah pemasok mulai panen raya.

Seorang pembeli asal Kecamatan Banyuresmi Surtini mengeluhkan naiknya harga sayuran, terutama cabai. “Harga sayuran membuat biaya pengeluaran memasak sehari-sehari jadi naik, saya berharap harga cabai kembali normal,” harapnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03