25 April 2024 - 15:07 15:07

Harga Minyak Mentah Jatuh Ini Respon China

WartaPenaNews, Jakarta – Harga minyak mentah turun tajam pada hari Senin (14/10/2019) karena kurangnya rincian tentang fase pertama dari perjanjian perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

Kondisi ini mengurangi optimisme atas pencairan hubungan perdagangan yang telah membantu mengangkat pasar minyak mentah pada akhir pekan lalu.

Minyak mentah Brent turun US$1,27, atau 2,1%, menjadi US$59,24 per barel, sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS kehilangan US$1,11, atau 2%, untuk menetap di US$53,59 per barel.

“Kegembiraan tentang kesepakatan perdagangan AS-China hilang,” kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group di Chicago seperti mengutip cnbc.com.

Pada Jumat malam, Amerika Serikat dan China menguraikan tahap pertama dari kesepakatan perdagangan dan menangguhkan kenaikan tarif AS yang dijadwalkan minggu ini. Brent dan WTI naik lebih dari 3% pekan lalu.

Kenaikan mingguan pertama mereka dalam tiga, pada tanda-tanda kemajuan menuju kesepakatan perdagangan yang akan mendorong permintaan minyak mentah.

Tetapi tarif yang ada tetap berlaku dan para pejabat di kedua belah pihak mengatakan lebih banyak pekerjaan diperlukan sebelum kesepakatan dapat disepakati.

“Pasar minyak mengambil sikap hati-hati mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya mengingat bahwa masalah pelik kebijakan industri, hak kekayaan intelektual, alih teknologi antara lain tidak diatasi,” kata ahli strategi minyak BNP Paribas Harry Tchilinguirian.

Sebagian besar dari keuntungan pekan lalu datang setelah Amerika Serikat mengumumkan pada hari Jumat bahwa pihaknya mengerahkan lebih banyak pasukan ke Arab Saudi, dan setelah sebuah kapal tanker minyak Iran diserang di Laut Merah.

“Sementara pasar menunggu tanggapan potensial dari Iran, berlanjutnya ketidakmampuan geopolitik untuk mempertahankan kenaikan harga adalah bukti kondisi kekhawatiran terhadap permintaan,” kata analis JBC dalam sebuah catatan.

Ada juga kekhawatiran bahwa eskalasi lebih lanjut di sepanjang perbatasan Suriah dan Turki dapat mempengaruhi output atau ekspor dari Irak, memberikan lebih banyak dukungan untuk harga minyak. Pasukan Suriah memasuki kota timur laut pada hari Senin.

Menteri energi Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman, mengatakan eksportir minyak mengambil bagian dalam kesepakatan produksi global antara OPEC dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC +, menunjukkan komitmen serius terhadap pemotongan.

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan tidak ada pembicaraan yang sedang berlangsung untuk mengubah kesepakatan OPEC +.

Menteri perminyakan Kuwait mengatakan terlalu dini untuk membahas kemungkinan penumpukan persediaan minyak pada tahun 2020. Khaled al-Fadhel mengatakan kisaran harga US$50-US$70 per barel akan dapat diterima.

Kepatuhan produsen OPEC + dengan perjanjian pengurangan pasokan terlihat di atas 200% pada bulan September, sumber yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan pada hari Senin.

China menunjukkan permintaan yang kuat untuk minyak, dengan impor September naik 10,8% dari tahun sebelumnya karena kilang meningkatkan produksinya di tengah margin keuntungan yang stabil dan permintaan yang kuat untuk bahan bakar. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03