26 April 2024 - 04:46 4:46

Hati-hati, Penularan Hepatitis A Bisa Terinfeksi Melalui Bercinta

WartaPenaNews, Jakarta – Penyebab penyakit Hepatitis A dapat hadir dari lokasi mana saja, termasuk terinfeksi dari partner seksual yang terinfeksi Hepatitis A. Bahkan juga, yang menimbulkan Hepatitis A bisa jadi karena perihal yang biasanya dianggap sepele: malas membasuh tangan.

Hakikatnya, virus Hepatitis A terdapat dalam feses atau tinja. Itu penyebab, setiap orang yang baru tuntas menggunakan layanan toilet umum harus membasuh tangan mereka dengan air mengalir sebelum kembali beraktivitas. Tak itu saja, kontak fisik dengan perabotan yang riskan terkena tinja seperti handuk pula butuh diawasi. Biarpun demikian, bukan bermakna Hepatitis A tidak dapat sembuh.

Hepatitis A dapat terjadi di sekitar kita. Akhir April lalu, seorang pekerja restoran terkenal Arby’s di Pinellas County, Florida, Amerika Serikat positif terinfeksi Hepatitis A. Departemen Kesehatan Florida meramalkan infeksi ini terjadi di antara tanggal 5-20 April 2019. Saat itu juga, Departemen Kesehatan keluarkan ajakan untuk konsumen Arby’s yang mengunjungi restoran pada tenggang tanggal itu biar segera mendapatkan vaksin Hepatitis A.

Sebelumnya, seorang pegawai di restoran Taco Bell Florida pula mengalami perihal yang sama. Berdasar pengusutan, ternyata keran air panas di kamar mandi tidak memiliki fungsi. Tidak itu saja, tempat sabunnya lantas sudah rusak. Cuma karena perihal semacam itu, semuanya pengunjung Taco Bell di jarak waktu satu bulan infeksi terjadi harus memeriksakan diri dan mendapatkan vaksin Hepatitis A.

Merasa familiar? Masalah ini bisa jadi terjadi di sekitar kita.

Sesuai sama Hepatitis B dan hepatitis C, yang menimbulkan Hepatitis A yakni virus yang menyebabkan peradangan hati. Virus ini benar-benar mudah menyerang. Media penularannya yakni faecal-oral ialah melalui makanan dan air yang sebelumnya terkontaminasi feses pasien.

Tidak itu saja, tingkah laku seks oral dan anal dengan orang yang belum sungguh-sungguh sembuh dari Hepatitis A pula beresiko. Oleh karena itu, penting meyakinkan pasangan seksual sungguh-sungguh pulih dari Hepatitis A. Rata-rata, saat inkubasi virus Hepatitis A di badan seseorang sekitar 14 sampai 28 hari.

Lebih jauh kembali, banyak pasien Hepatitis A yang hadir dari rumah dengan kebersihan dan sanitasi kurang baik. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), 90 persen beberapa anak dibawah umur 10 tahun dari negara berkembang bersanitasi tidak baik sudah pernah terinfeksi virus Hepatitis A.

Secara umum, ada delapan yang menimbulkan penebaran Hepatitis A

1. Sanitasi tidak baik
2. Tak ada air bersih/air mengalir
3. Tinggal bersama dan terkontaminasi feses pasien Hepatitis A
4. Kontak seksual dengan pasien Hepatitis A
5. Berkunjung ke negara endemik Hepatitis A karena belum mendapatkan vaksinasi
6. Makanan atau minuman yang diproses pasien Hepatitis A yang tidak membasuh tangan setelah ke toilet
7. Pemakaian obat-obatan terlarang
8. Mengonsumsi daging dan ikan mentah yang tidak bersih

(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03