hilangkan Gatal Akibat Bintik Berair di Tangan, begini Cara jitunya

40

WartaPenaNews, Jakarta – Timbulnya lenting atau bintik berair pada tangan dibarengi rasa gatal dan perih benar-benar umum terjadi. Umumnya, masalah kulit ini ada setelah kulit tangan Anda terkena bahan kimia, seperti lateks, detergen, dan sabun bersihkan.

Dalam beberapa waktu, keadaan itu akan lebih baik seandainya Anda menjauhi pemicunya. Akan tetapi, keadaan ini dapat juga terjadi lebih dari 2 minggu dibarengi gejala lain, kulit tangan memerah, kering, dan pecah-pecah.

Jika ini terjadi, kemungkinan besar Anda mengalami eksim dishidrotik.

Supaya tidak bertambah parah, tangan yang dipenuhi bintik berair dan gatal ini harus segera diobati. Masalahnya jika keadaan ini dibiarkan akan mengurangi keindahan tangan, gejala yang makin jelek, dan jadi susah diobati.

Langkah hilangkan bintik berair di tangan ini akan disesuaikan dengan keadaan dan parahnya gejala, sebabnya. Karena itu, silahkan kita kupas satu demi satu.

1. Cari info penyebab dan jauhi paparannya

Langkah pertama untuk hilangkan bintik berair di tangan ialah tahu pemicunya. Bila tangan gatal ada setelah Anda menggenggam atau menggunakan satu bahan, Anda butuh curigai bahan itu sebagai pemicunya.

Contohnya, ada bintik berair dibarengi rasa gatal yang semakin jadi setiap kali Anda membersihkan piring. Kemungkinan sabun bersihkan itu mengandung bahan kimia yang mengiritasi kulit tangan Anda.

Agar tidak kembali kumat, Anda dapat menggunakan sarung tangan saat membersihkan piring.

2. Menjaga kebersihan dan kelembaban tangan

Tangan gatal dibarengi lenting berair dapat terjadi karena kulit yang kering dan kotor. Supaya masalah pada tangan ini tidak ada, Anda butuh jaga kelembaban dan kebersihan tangan.

Lebih jika tangan Anda seringkali terkena debu, tanah, kotoran, dan bahan kimia pembersih.

Gunakanlah sabun pembersih yang aman untuk kulit peka. Gosok sabun sampai ke celah jari dan bilas dengan air mengalir.

Sesaat untuk jaga kelembaban kulit tangan, gunakan pelembap kulit sekerap mungkin. Sebelum memoleskan pelembap, yakinkan Anda membersihkan tangan lebih dulu sampai bersih.

3. Turuti perawatan dokter

Bila cara di atas untuk hilangkan bintik berair di tangan tidak ampuh, semestinya periksakanlah diri Anda ke dokter. Mungkin saja, pemicu tangan gatal dengan bintik berair yang tidak segera pulih ini ialah eksim.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, ada banyak perawatan yang dilakukan untuk menyembuhkan tangan gatal berair, diantaranya:

Perawatan eksim dishidrotik mudah

Rendam tangan dan kompres dengan air dingin. Kerjakan ini selama 15 menit sekitar 2 sampai 4 kali sehari untuk meredakan gatal.

Berikan krim kortikosteroid atau pramoxine. Sesudah mengompres tangan, berikan krim ini untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa gatal. Obat ini harus digunakan secara teratur setelah mandi.

Minum obat antigatal. Dokter biasanya akan memberi resep obat lain, seperti antihistamin untuk mengurangi reaksi gatal pada badan hingga menahan Anda menggaruk yang menyebabkan lecet.

Perawatan eksim dishidrotik parah

Suntikan racun botulinum. Suntikan ini bisa melemaskan otot-otot, menahan tangan berkeringat, dan mengurangi peradangan dan rasa ngilu karena kulit tangan melepuh.

Therapy cahaya UV. Therapy ini diadukan 90persen sukses sebagai cara hilangkan bintik berair di tangan. Hasil perawatan akan kelihatan jika dilakukan secara berulang-ulang, selama 6 sampai 8 minggu perawatan.

Merubah skema makan. Tidak hanya perawatan kulit, Anda akan disuruh untuk tingkatkan makanan yang memberikan nutrisi kulit, yang mengandung antioksidan, vitamin E, vitamin A, dan vitamin C.

Perawatan yang sama mungkin saja membuahkan efek yang berlainan pada setiap orang. Menggunakan pelembap mungkin ialah cara yang pas buat Anda untuk hilangkan bintik berair di tangan. Tetapi, juga bisa yang lain tidak.

Itu penyebabnya, segeralah konsultasi ke dokter apabila jenis penyembuhan tersendiri tidak ampuh hilangkan bintik berair yang gatal di tangan Anda. (mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here