24 April 2024 - 03:08 3:08

Hilangkan Jerawat di Pantat dengan 3 Cara Ampuh Berikut

WartePenaNews, Jakarta -Walaupun tidak terlihat, jerawat di pantat tentu sungguh mengganggu. Perlakuannya pun akan berbeda dengan jerawat yang muncul di wajah. Ada beberapa cara khusus yang diperlukan untuk menghilangkan jerawat di pantat, apa saja, ya?

Cara menghilangkan jerawat di pantat

Langkah utama untuk menghilangkan jerawat di pantat adalah menjaga kebersihan dan menjaga area tersebut tetap kering.

Tak hanya itu, Anda mungkin juga perlu mengelola stres dan asupan makanan karena keduanya juga berpengaruh terhadap kulit Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk menghilangkan jerawat di pantat.

1. Asam salisilat

asam salisilat

Cara pertama untuk menghilangkan jerawat di pantat adalah dengan menggunakan krim obat yang dijual bebas di pasaran.

Salah satu kandungan yang terkenal untuk menghilangkan jerawat adalah asam salisilat. Asam salisilat merupakan asam beta hidroksi (BHA) yang dapat membuat sel kulit bekerja lebih efektif dengan tidak saling menumpuk di area sekitar folikel rambut.

Penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan krim atau pads asam salisilat pada area yang terkena jerawat. Namun, Anda harus berhati-hati, jangan sampai terkena daerah genital.

Jangan lupa memeriksa komposisi bahan pada krim tersebut. Agar ampuh menghilangkan jerawat di pantat, Anda membutuhkan setidaknya 2% kandungan asam salisilat.

2. Memakai pelembap

Menjaga kelembapan kulit adalah cara agar kantung nanah tersebut cepat hilang. Akan tetapi, tidak sembarang jenis pelembap bisa Anda gunakan karena salah-salah justru akan menambah jerawat dan memperparah kondisi Anda.

Cobalah untuk memilih pelembap yang tidak mengandung minyak. Anda dapat menggunakan pelembap dengan kandungan asam laktat karena dapat mencegah folikulitis, yaitu peradangan pada folikel rambut.

3. Menggunakan pengobatan alami

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan krim obat yang dijual secara bebas, Anda bisa menggunakan pengobatan alami sebagai cara alternatif untuk menghilangkan jerawat di pantat.

a. Tea tree oil

menghilangkan ketombe

Tea tree oil merupakan minyak yang berasal dari daun pohon teh. Kandungan antimikroba pada daun pohon teh yang sudah melalui proses penyulingan ini memiliki potensi sebagai obat jerawat.

Seperti yang dilansir dari laman National Center for Complementary and Integrative Health, penggunaan minyak teh biasanya dilakukan dengan mengoleskannya ke kulit.  Minyak ini juga dapat membantu Anda menjaga kulit agar tetap bersih dan melawan bakteri penyebab folikulitis.

b. Kunyit

manfaat kunyit untuk ibu menyusui

Selain digunakan sebagai bahan makanan, ternyata kunyit juga bermanfaat sebagai salah satu cara untuk menghilangkan jerawat di pantat.

Sama seperti tea tree oil, kunyit juga berpotensi sebagai antimikroba dan anti-peradangan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Phytotherapy Research tentang efek penggunaan kunyit terhadap kesehatan kulit manusia.

Kandungan kurkumin pada kunyit diyakini dapat membantu melakukan perlawanan terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yaitu Staphylococcus aureus.

c. Cuka apel

pakai cuka apel untuk wajah

Asam asetat yang ditemukan pada cuka apel merupakan senyawa antibakteri alami yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Pada sebuah studi dalam jurnal PLOS One terlihat bahwa asam asetat dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada luka bakar.

Itu sebabnya, menggunakan cuka apel saat berendam juga diduga dapat membantu menghilangkan jerawat di pantat.

Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat kemapuhan cuka apel untuk emngobati jerawat di tubuh. Jika Anda hendak menggunakannya sebagai pengobatan rutin dan utama, cobalah berkonsultasi ke dokter terlebih dulu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03