Honda Sampai Melongo, Rekor di Luar Nalar yang Dicetak Marc Marquez

10

WartaPenaNews, Jakarta – Honda dibuat bingung oleh Marc Marquez, yang sukses mencatat rekor di luar logika, yaitu melakukan manuver berbelok dengan kemiringan 66 derajat.

Marquez sebelumnya sudah sempat menghebohkan dunia balap motor usai dapat berbelok dengan kemiringan 66 derajat dalam sesi free practice MotoGP Jerman 2019 pada Juli lalu.

Pembalap berjuluk The Baby Aliens itu sukses membuat bagian badan samping kanannya ‘mencium’ aspal Circuit Sachsenring. Rekornya itu sudah pecahkan catatan impresif yang sudah ia bikin sebelumnya, yaitu 65 derajat saat cornering di Circuit Mugello.

Dikutip dari laman berita olahraga Paddock GP, hal di luar logika yang diperlihatkan oleh Marc Marquez membuat manager proyek Honda Racing Corporation (HRC) untuk MotoGP, Takeo Yokoyama, dibuat bingung sekaligus juga bingung.

“Sejujurnya, saat kami mendesain motor ini, tidak ada dari kami yang menginginkan seorang pembalap dapat manuver mencapai 65 derajat. Saat Marc ambil pojok ini, ia tentu sentuh atau menyeret suatu, seperti fairing,” tutur Yokoyama.

“Aku tidak tahu batasannya, tetapi jika Anda menanyakan dalam lima tahun, mungkin saja Mark mencapai 70 derajat. Mungkin kita harus menanyakan kepada pihak Michelin,” lebih Takeo Yokoyama.

Apa yang dilakukan oleh Marc Marquez saat bermanuver dinilai cukup tak logis jika dikalkulasikan dengan ilmu dan pengetahuan, terutama rumus fisika.

Tidak hanya dapat meluncur dengan kemiringan lebih dari 45 derajat, Marquez dengan ajaib bisa membuat motor yang seberat itu tanpa terjatuh dan membawanya tegak kembali. (mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here