20 April 2024 - 22:43 22:43

Huawei Pisah Jalan dengan Google dan Android

WartaPenaNews, Jakarta – Perusahaan raksasa teknologi AS, Google mengumumkan, bahwa pihaknya telah menarik lisensi bagi perusahaan Huawei untuk menggunakan sistem operasi ponsel Android.

Huawei sekarang ini, hanya bisa menggunakan sistem operasi dari piranti lunak tanpa lisensi atau open source.

“Selain Google Play Store, smartphone baru produksi Huawei juga tidak memiliki akses ke layanan seperti Gmail, Google Map dan YouTube. Namun, orang yang sudah memiliki ponsel Huawei versi lama tetap akan dapat menggunakan dan memperbarui aplikasi yang sudah diunduh,” kata seorang juru bicara perusahaan Google, Selasa (21/5)

Minggu yang lalu, Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan situasi darurat nasional dan mengeluarkan instruksi presiden, untuk sektor teknologi komunikasi dan melarang perusahaan-perusahaan AS menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat oleh “musuh asing”.

Huawei kemudian dimasukkan dalam daftar hitam Kementerian Perdagangan, karena dianggap menimbulkan risiko keamanan nasional. Perusahaan Cina itu dilarang ikut dalam pembangunan dan pengembangan jaringan supercepat 5G di AS. Terlebih, penjualan perangkat Huawei di AS juga dibatasi.

“Kami mematuhi perintah itu dan meninjau implikasinya,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Huawei berulangkali membantah keras tuduhan AS yang mengatakan, bahwa perangkatnya bisa dijadikan alat pengintaian oleh agen-agen intelijen Cina. Kementerian Luar Negeri Cina mengecam langkah AS sebagai “histeria” Barat terhadap Huawei.

“sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan ini. Kami belum melakukan apa pun yang melanggar hukum” kata Pendiri dan CEO Huawei Ren Zhengfei kepada harian ekonomi Jepang The Nikkei.

Media-media AS memberitakan, Huawei telah mengantisipasi perkembangan itu dan sudah mengembangkan sistem operasinya sendiri, jika suatu kali kehilangan akses ke layanan Google dan Microsoft. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03