23 April 2024 - 22:55 22:55

Imbas Pertemuan AS dan China, Rupiah Menguat

WartaPenaNews, Jakarta – Kepala Staf Gabungan Korea Selatan secarfa berkala menyampaikan informasi adanya jejak-jejak penerbangan sebuah objek tak dikenal terdeteksi di atas Zona Demiliterisasi (DMZ), Senin (1/7). Namun tidak ada laporan lanjutan soal objek tak dikenal (unidentified flying object-UFO) itu.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap, dengan mengutip sejumlah sumber militer yang tak disebutkan namanya, melaporkan bahwa jejak penerbangan yang tertinggal itu kemungkinan berasal dari sebuah helikopter.

Yonhap menambahkan bahwa objek tersebut terbang dari utara ke selatan melintasi garis batas pemisah antara Korea Selatan dan Korea Utara. Kantor berita itu juga melaporkan bahwa Seoul telah melepaskan jet-jet tempur dan helikopternya untuk menghadapi objek tersebut.

Laporan itu muncul satu hari setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di DMZ, tempat ia bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Trump sempat masuk ke wilayah Korea Utara dan kemudian menyebutkan bahwa ia kemungkinan akan mengundang Kim ke AS.

Penghalang perbatasan dan DMZ antara Korea Utara dan Korea Selatan itu dibangun pada 1953. DMZ membentang sepanjang 250 kilometer dan seluas 4 kilometer.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, ketegangan di perbatasan telah mereda. Kedua negara telah membongkar pos-pos perbatasan mereka di garis depan dan membuka kembali jalur transportasi kereta antar-Korea.

Pada bagian lain, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada awal pekan, menguat usai pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. Rupiah menguat 14 poin atau 0,1 persen menjadi Rp14.112 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp14.126 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri Rully Arya Wisnubroto di Jakarta, mengatakan bertemunya kedua pemimpin negara dengan ekonomi terbesar itu memang berdampak positif bagi rupiah.

“Wah sangat positif sekali. Terutama karena adanya semacam ‘gencatan senjata’ perang dagang. Penundaan pengenaan tarif 25 persen terhadap sisa produk impor asal Tiongkok sebesar 300 miliar dolar AS,” ujar Rully.

Ketegangan perang dagang AS dan Cina sedikit mengendur setelah kedua pemimpin negara bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang. Kedua negara sepakat akan merundingkan kembali isu perang dagang yang telah membuat tatanan perekonomian global mengalami guncangan.

Seusai pertemuan tersebut Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping menegaskan akan mengurangi ketegangan atas perang dagang dengan meningkatkan kerja sama lebih lanjut. Pernyataan tersebut diharapkan dapat meredam dampak perang dagang antar kedua negara yang berlangsung setahun lebih.

Ditambahkan, data inflasi Juni 2019 yang sebentar lagi akan dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) juga berpotensi menjadi katalis positif bagi rupiah.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Senin (1/7) menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.117 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.141 per dolar AS. (reu/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03