29 March 2024 - 18:06 18:06

Indonesia “Diet Plastik”

Foto: Istimewa

WartaPenaNews, Jakarta – Sadar berpredikat kurang terpuji sebagai pengguna sekaligus penghasil sampah plastik terbesar dunia, berbagai upaya pun dilakukan untuk mengurangi penggunaan plastik.

Lewat Campaign “Sayonara Plastik”

Sinergi apik antar pemerintah, lembaga, praktisi serta masyarakat mulai terlihat dampaknya.

Budaya penggunaan kantung plastik sebagai pembungkus menjadi salah satu contoh borosnya penggunaan plastik di Indonesia. Beli barang kecil dalam jumlah sedikit, penjual akan menggunakan kantung plastik. Membeli makanan dan minuman kemasannya menggunakan plastik serta dimasukkan pula ke dalam kantung plastik.

Industri minuman pun melirik kemasan plastik, selain murah penampilan produk terlihat lebih menarik dan praktis.

Dampaknya cukup memprihatinkan, gongnya ketika Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melihat pemandangan miris ketika seekor lumba-lumba terdampar dan mati dengan mulut terlilit plastik.

Peristiwa lumba-lumba merupakan akumulasi dari kekesalan Menteri Susi karena sampah plastik tidak hanya mencemari daratan, wilayah sepanjang pantai dan lautan, hingga dasar laut pun tak luput dari pencemaran sampah plastik.

Selain membahayakan biota laut, dampaknya juga akan menimpa manusia. Ikan yang terpapar plastik jika dikomsumsi manusia dapat memicu beragam penyakit degeneratif seperti kanker, karena plastik mengandung senyawa kimia beracun.

Menteri Susi menggagas campaign tanpa plastik untuk seluruh staff di jajarannya untuk tidak mengonsumsi minuman yang dikemas menggunakan plastik. Jika tertangkap tangan, pegawai akan didenda Rp. 500,000,- jika tetap membandel hingga 3 kali, tenggelamkan! kata Susi bercanda.

Gerah dengan sampah plastik, selaras untuk menjaga dan merawat obyek wisata, H.I.S. Travel Indonesia bekerjasama dengan Lawson Indonesia dan Club Med resort mengajak masyarakat mengurangi volume sampah plastik, dengan tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja.

Outbound Director H.I.S. Travel Indonesia Mr Taichi Matsui mengatakan, “sebagai perusahaan yang berkecimpung di sektor pariwisata, kami turut prihatin melihat meningkatnya volume sampah plastik yang mengotori pantai hingga hanyut ke laut.

“Mata rantai dari dampak negatif akibat pencemaran sampah plastik adalah menurunnya jumlah kunjungan wisatawan terhadap sebuah destinasi wisata, yang kemudian akan berdampak pada penurunan pendapatan penduduk lokal, maupun pemasukkan daerah, “urai Mr Taichi.

Beragam agenda menarik diselenggarakan untuk menarik minat serta kepedulian generasi milenial, diantaranya kontes foto dan posting berupa kegiatan berbelanja di outlet Lawson tanpa menggunakan kantong plastik, di Instagram yang berlangsung sejak 1 Mei hingga 31 Juli 2019. Akan dipilih 4 pemenang utama yang berhak membawa 1 orang pendamping untuk mendapatkan paket liburan gratis ke Jepang atau Cina.

Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck “Diet Plastik” untuk Keselarasan Alam

Sebagai divers, (penyelam), Ringgo dan Sabai Morscheck isteri tercinta pernah merasa terganggu ketika tengah menyelam menikmati keindahan panorama bawah laut Wakatobi (Sulawesi Tenggara).

“Gak banget deh, selain terapung, sebagian sampah tercecer hingga mengendap ke dasar laut, sebagian malah menutup permukaan terumbu kerang. Tidak hanya mengganggu, tapi juga mengancam kelestarian ekosistem, kata Ringgo menceritakan pengalamannya. “Hal ini harusnya menjadi permasalahan serius untuk semua pihak, kata Ringgo prihatin.

Sebelum konsen menjalani diet plastik, Ringgo bersama isteri pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan ketika berbelanja di supermarket di Belgia.

Lupa membawa tas belanja, Ringgo mendapat sanksi sosial. Waktu itu, saya sudah terlanjur masuk antrian dan berbelanja dalam jumlah banyak. Ketika kasir meminta kantung belanja, Ringgo mengatakan tidak membawa dan berharap pihak swalayanlah yang menyediakannya.

Tatapan mata, serta komentar yang kurang menyenangkan dari pengunjung dan kasir supermarket membuat saya salah tingkah. Saya dan isteri baru menyadari bahwa supermarket di sana tidak menyediakan kantung belanja.

Masyarakat yang berbelanja harus membawa sendiri tas dari rumah. Walau menyediakan, tapi berbayar. Pembeli harus mengikhlaskan layanan kurang simpatik ketika membeli kantung plastik, karena dianggap tidak peduli dengan hidup hijau yang menjadi lifestyle masyarakat Eropa.

Dari kejadian di Eropa serta pengalaman ketika menyelam, kemudian menginspirasi Ringgo dan isteri untuk “diet plastik”. “Kami sadar, problem plastik merupakan permasalahan serius, yang harus segera diatasi tanpa perlu menunggu,” ujar sosok Abah dalam film keluarga Cemara.

Ringgo dan isteri menerapkan managemen sampah dengan menyelaraskan dengan kehidupan go green. Sampah basah dan kering akan dipilah dan dipilah, kemudian dikelompokkan menjadi organik dan anorganik.

Untuk sampah dengan kandungan kimia berbahaya seperti baterai jam atau hp diserahkan kepada badan usaha yang mengelola sampah kimia. Biasanya mereka menyediakan drop box untuk menampung limbah baterai, charger atau hp.

Ketika keluar rumah walau tidak ada rencana berbelanja, kami selalu membawa 2 tas eco bag. Agar tidak kelupaan, stok tas belanja menjadi item wajib yang harus selalu ada dalam tas.

Seringkali godaan belanja di minimarket tidak bisa dihindarkan, jika tidak membawa kantung belanja, pastinya akan merusak diet plastik, serta memperbanyak penggunaan plastik.

Agar tidak tergoda membeli minuman kemasan, di dalam mobil kami kompak menyediakan air putih yang dimasukkan ke dalam tumbler berukuran besar. Pilih tumbler dengan disain menarik, unik, atau lucu, serta rutin mengganti dengan model lain agar tidak bosan, kata Ringgo berbagi tips.

Yang menarik, Ringgo menyetil kaum pria yang masih minum dengan menggunakan sedotan plastik. Selain untuk campaign, gak macho aja melihat cowo kok minum dengan cara genit seperti itu, harusnya langsung diteguk, jadi kesannya lebih gagah, kata Ringgo sambil tersenyum. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03