24 April 2024 - 13:20 13:20

Ini Alternatif Pengganti WhatsApp

WartaPenaNews, Jakarta – Aplikasi messenger terbaik dan ringan selain Whatsapp, yaitu Telegram. Telegram adalah sebuah aplikasi messenger yang ringan dan mempunyai banyak fitur, tidak kalah dengan Whatsapp, Telegram juga mempunyai kelebihan seperti Whatsapp yakni ringan dan mudah untuk digunakan.

Mungkin belum banyak yang mengenal Telegram, karena aplikasi messenger satu ini kalah terkenal jika dibandingkan dengan Whatsapp. Namun fitur yang dimiliki oleh Telegram tidak boleh dianggap remeh, karena Telegram mempunyai beberapa fitur unggulan yang tidak terdapat dalam aplikasi Whatsapp.

Mengingat tragedi 22 Mei saat pemerintah mengumumkan bahwa ada batasan dalam penggunaan media sosial, banyak masyarakat yang sangat kecewa dengan hal tersebut karena banyak pihak yang merasa dirugikan dengan membatasi hak akses media sosial, banyak masyarakat yang menyayangkan hal ini karena menghambat obrolan mereka melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan messenger seperti Whatsapp.

Baru-baru ini Telegram menjadi perbincangan hangat karena banyak orang yang bermigrasi dari Whatsapp ke Telegram karena batasan akses. Telegram menjadi pilihan masyarkat karena tidak terpengaruh oleh batasan media sosial yang di maksud oleh pemerintah, Telegram dapat berjalan normal seperti semestinya.

Kelebihan Telegram

Pasti banyak yang bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang menggunakan Telegram, dan apa kelebihan Telegram? Jika dilihat Telegram hampir mirip seperti Whatsapp, namun Telegram mempunyai segudang fitur yang dapat memanjakan penggunanya, oleh sebab itu saya rangkum kelebihan Telegram sebagai berikut.

Private

Salah satu fitur Telegram adalah adanya fitur Private, fitur ini membuat pesan chat Anda menjadi aman karena telah terenkripsi oleh sistem, dan pesan yang Anda kirim bisa Anda hapus secara permanen dan tidak akan terlihat oleh lawan chat Anda.

Whatsapp mempunyai fitur ini namun terdapat waktu agar dapat menghapus pesan secara pribadi dan semua orang, jika lebih dari 7 menit pesan tidak dihapus, maka pesan tidak dapat dihapus ke semua orang, jika Anda menghapus maka hanya akan terhapus pada akun Anda dan masih terlihat pada lawan chat Anda.

Cloud Based

Ini menjadi salah satu kelebihan Telegram yang tidak dimiliki oleh Whatsapp. Jika kita ingin membuka Whatsapp web di PC, smartphone yang terdapat akun Whatsapp kita harus terhubung dengan internet, jika tidak maka kita tidak bisa membuka Whatsapp web di PC.

Berbeda dengan Whatsapp, Telegram adalah aplikasi messenger berbasis cloud, Anda dapat membuka Telegram dengan perangkat apapun, Anda bisa membuka Telegram di PC secara stand alone, jadi jika Telegram Anda tidak online pada smartphone, tetap saja Anda bisa membuka Telegram di PC menggunakan Telegram web ataupun Telegram desktop.

Hal ini juga membuat Anda tidak perlu untuk mencadangkan pesan agar obrolan chat Anda tidak hilang. Jika Whatsapp harus melakukan cadangan pesan agar tidak hilang, Telegram tidak memerlukan hal seperti itu karena Telegram berbasis cloud yang bisa dibuka di manapun, kapanpun, dan chat tidak akan hilang kecuali Anda menghapusnya sendiri.

Fast

Telegram dapat mengirim pesan dengan cepat, dengan koneksi yang minim pun Telegram dapat berkirim pesan, selain ringan, fitur ini juga dapat diandalkan ketika koneksi internet kita kurang memadai karena faktor tertentu.

Distributed

Pihak Telegram sangat memperhatikan kenyamanan pengguna, demi keamanan dan kecepatan dalam pengiriman pesan chat, Telegram mempunyai server yang tersebar diseluruh dunia yang berperan aktif dalam mengelola keamanan dan kecepatan untuk mengirim pesan.

Open

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam situs resmi Telegram, Telegram membebaskan semua orang untuk dapat menggunakan API dan protokolnya, hal ini jelas menandakan bahwa Telegram sangat terbuka untuk penggunanya.

Free

Mungkin kalian pernah menggunakan aplikasi yang terdapat iklan di dalamnya, iklan tersebu sangat mengganggu sekali dan banyak pengguna yang meninggalkan aplikasi tersebut, hingga pada akhirnya aplikasi messenger yang dimaksud resmi ditutup tahun ini pada bulan lalu. Telegram tidak ingin mengecewakan penggunanya, tidak terdapat iklan pada aplikasi Telegram dan tidak ada biaya untuk berlangganan.

Secure

Telegram sangat menjaga privasi penggunanya, Telegram menjamin keamanan bagi penggunanya dengan memiliki fitur pesan rahasia (secret chat) yang bisa Anda gunakan untuk melakukan obrolan bersama orang lain. Fitur ini jelas sangat bermanfaat, dimana tidak ada fitur yang sama pada aplikasi Whatsapp.

Powerful

Penulis sangat menyukai fitur ini, dimana tidak ada batasan ukuran media dalam melakukan pengiriman pesan. Whatsapp secara default membatasi penggunanya dalam mengirim media, berbeda dengan Whatsapp, Telegram tidak ada batasa, jadi Anda bisa mengirim file sebanyak yang Anda inginkan. Telegram juga memiliki fitur Save Messages yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan media khusus pribadi atau untuk Anda sendiri, penyimpanan yang di maksud ini adalah seperti Google Drive, One Drive, dan media penyimpanan berbasis cloud lainnya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03