20 April 2024 - 02:13 2:13

Ini Bahayanya Bila Tidur Perut dalam Keadaan Kosong

WartaPenaNews, Jakarta  -  Banyak alasan mengapa seseorang mengosongkan perut sebelum tidur. Entah itu karena ketiduran akibat aktivitas seharian yang meletihkan atau ingin membatasi asupan kalori dengan diet.

Pertanyaannya, apakah dampak negatif mengosongkan perut sebelum tidur? Melansir Times of India, hal ini ternyata tidak ada dampaknya jika dilakukan sesekali saja.

“Namun jika dilakukan terlampau sering, ada efek berbahaya yang menyertai kebiasaan itu,” kata Konsultan Nutrisi dan Diet, Manjari Chandra, dikutip Times of India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?Happy Inspire Confuse Sad
Menurut Chandra, jika seseorang tidak memiliki makanan di malam hari akan menyebabkan kekurangan gizi mikro. Hal ini pada akhirnya membuat metabolism seseorang menjadi terganggu.

“Tubuh kita membutuhkan mikro-nutrisi seperti magnesium, Vitamin B12 dan Vitamin D3,” ujar dia.

Terganggunya proses metabolisme tubuh berdampak pada tingkat hormon insulin pada tubuh. Sebagaimana diketahui, kadar hormon insulin menjadi penentu tubuh dalam menunjang aktivitas, seperti mengatur gula darah menjadi energi dan menjaga kadar kolesterol.

“Dan, jika Anda tidak makan jenis makanan yang tepat pada waktu yang tepat, itu dapat memengaruhi hormon Anda, yang membuat Anda rentan terhadap penyakit lain,” sambung Chandra,

Chandra bilang, perut kosong juga mengakibatkan tidur menjadi tak tenang hingga tak bisa tidur sama sekali. Hal ini disebabkan rasa sakit di bagian tubuh tertentu karena membutuhkan asupan makanan.

“Ini terjadi karena tubuh kita dikendalikan secara neurologis dan hormonal dan tidak memiliki cukup makanan di malam hari dapat berdampak pada itu,” ujarnya.

Chandra juga menyayangkan program diet yang menyerukan untuk mengosongkan perut sebelum mengakhiri hari. Dia beranggapan, mengosongkan perut di malam hari justru meningkatkan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan.

“Memang benar bahwa seseorang harus memiliki jumlah makanan yang rendah di malam hari, tetapi melewatkan makan sepenuhnya tidak ideal. Ini hanya akan menyebabkan penambahan berat badan karena memasuki mode di mana Anda mulai mengumpulkan lemak,” katanya.

Adapun salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan menurut Chandra adalah dengan mengatur pola makan ideal. Misalnya, dengan memahami kandungan dari setiap asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

“Saat menjalani hari Anda bisa memulai dengan sarapan sehat rendah lemak atau mengurangi jumlah gula dalam asupan yang dikonsumsi setiap hari,” tandasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03