19 April 2024 - 23:07 23:07

Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama Bagi Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Bahaya duduk terlalu lama mungkin masih banyak dipandang sebelah mata oleh penduduk. Meski sebenarnya banyak masalah kesehatan yang bisa menyerang disaat duduk terlalu lama.

Ditambah lagi waktu ini banyak orang-orang yang kerja di kantor dengan duduk di bangku sekalian melihat layar monitor. Bikin bahaya duduk terlalu lama bertambah menghantui beberapa orang, terutama yang kerja kantoran dan tak bergeser dari tempat duduknya.

Oleh karena itu, kamu mesti memahami bagaimana cara menanggapi dan menangani bahaya duduk terlalu lama yang dapat mengakibatkan penyakit yang mematikan. Meskipun senyaman apa pun bangku yang kamu gunakan untuk duduk, tetap mesti perhatikan kebiasaan duduk terlalu lama ini.

Telah kami rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/6/2019) tentang bahaya duduk terlalu lama

1. Penyakit Jantung

Bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan yang pertama yaitu Penyakit Jantung. Ini dikarenakan karena otot-otot cuma membakar dikit lemak dan bikin saluran darah tidak mengalir secara setidaknya karena kelamaan duduk. Ini menyebabkan asam lemak menutup jantung dan menyebabkan penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular yang lain.

2. Obesitas dan Perut Buncit

Seterusnya, bahaya duduk terlalu lama yaitu bisa menyebabkan obesitas dan perut buncit. Ini karena kamu tidak keluarkan daya disaat duduk karena otot badan tak difungsikan seluruhnya. Tidak hanya itu, pembakaran kalori tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Tidak hanya itu, perut buncit merupakan satu diantara bahaya duduk terlalu lama. Ini dikarenakan karena menyusutnya pelepasan molekul seperti lipoprotein lipase yang bekerja mengurus lemak dan gula dalam badan, disaat kamu duduk terlalu lama. Oleh karena tersebut, kamu bisa terkena sindrom metabolik dan di serang oleh perut buncit dan berat badan yang terus bertambah.

3. Diabetes

Duduk berjam-jam dapat bikin rugi untuk badan dalam mengatasi gula darah. Ini bikin sensitivitas insulin menyusut, dimana insulin memiliki tanggung jawab dalam bawa glukosa dari darah ke sel dan jadikan daya setelahnya.

Sebab hal inilah badan jadi mudah penat, cepat lapar, dan berat badan lantas jadi bertambah bertambah.

Keadaan badan yang pasif menyebabkan badan mudah mengalami kegemukan. Perihal ini pula yang merupakan bahaya duduk terlalu lama yang menyebabkan diabetes. Dengan gabungan dari penyakit penyait itu, bisa menyebabkan penurunan kegunaan seksual dan reproduksi kedepannya. Dapat bikin kehidupan rumah tangga jadi terusik.

4. Menambah Cholesterol

Bertahun-tahun kerja dengan duduk terlalu lama setiap harinya bisa bikin kolesterol bertambah bertambah. Ini merupakan bahaya duduk terlalu lama yang awalnya menyebabkan masalah dalam kegunaan metabolisme dan memicu penambahan trigliserida plasma dan bikin menyusutnya sensitivitas insulin.

5. Menambah Efek Kanker

Bahaya duduk terlalu lama selanjtunya yaitu bisa menambah efek terjadinya kanker. Ini dikarenakan aktivitas fisik yang rendah bisa menyebabkan penyakit jantung dan kaner, bahkan beresiko kematian.

Banyak yang bilang bertambahnya efek kanker karena duduk terlalu lama dikarenakan oleh produksi insulin yang berlebihan mempromokan perkembangan sel sampai ada sekian banyak sel yang tumbuh dengan tidak tertanggulangi dan jadi tumor.

Ini kebalikannya bila badan bergerak dengan aktif. Antioksidan akan kerja secara baik dan bisa hilangkan efek terkena kanker karena radikal bebas. Disaat duduk terlalu lama, antioksidan tidak bisa kerja secara baik, dan menyebabkan radikal bebas mudah menyerang.

Tidak hanya itu, kurang bergerak, disfungsi metabolik, dan pergantian hormone juga dapat menyebabkan terjadinya kanker.

6. Postur Lebih buruk

Leher dan pundak akan menegang bila kamu terlalu lama duduk. Ini tentulah dikarenakan karena leher terlalu lama ditahan menghadap ke layar monitor atau disaat mengerjakan hal yang lain. Seterusnya hal-hal ini bisa bikin leher, pundak dan punggung jadi pegal-pegal.

Bahaya duduk terlalu lama akan bikin masalah pada punggung. Ditambah lagi pada orang yang setiap harinya menghadap monitor pada tempat kerja, akan seringkali merasakan sakit punggung.

Ini karena disaat duduk, tekanan yang terjadi pada tulang belakang yang semakin besar dari disaat kamu berdiri. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03